Nikaragua Larang Masuk Kelompok HAM

Nikaragua Larang Masuk Kelompok HAM Ilustrasi - Foto: Tinycards - Duolingo

Covesia.com - Para aktivis hak asasi manusia dari Center for Justice and International Law (CEJIL) mengatakan otoritas imigrasi melarang mereka masuk ke Nikaragua dan memaksa mereka kembali ke Kosta Rika.  

Tiga delegasi dari organisasi tersebut tiba di bandar udara internasional Managua pada Jumat pagi, tetapi dilarang masuk ke negara Amerika Tengah itu, ungkap CEJIL dikutip dari AFP, Sabtu (27/10/2018).

CEJIL mengatakan mereka membawa surat undangan resmi dari Komisi Hak Asasi Manusia Antar-Amerika (Inter-American Commission for Human Rights/CIDH) untuk menghadiri pertemuan di Managua.

“Ini jelas menunjukkan kurangnya komitmen pemerintah terhadap hak asasi manusia dan demokrasi,” tandas CEJIL.

Nikaragua dilanda kekacauan sejak polisi dan paramiliter propemerintah menindak keras demonstrasi menentang reformasi jaminan sosial pada 18 April.

Unjuk rasa kemudian berubah menjadi penentangan lebih luas terhadap Presiden Daniel Ortega, mantan gerilya sayap kiri yang telah berkuasa selama 11 tahun berturut-turut dan menolak desakan untuk mundur.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia mengatakan hingga kini lebih dari 300 orang tewas dalam kerusuhan tersebut dan ratusan lainnya ditahan dalam operasi penangkapan massal.

(AFP/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga