Ombudsman Minta BKD Selidiki Oknum yang Menyebar Data Lulus Administrasi CPNS

Ombudsman Minta BKD Selidiki Oknum yang Menyebar Data Lulus Administrasi CPNS Plt Kepala Ombudsman Perwakilan Sumbar, Adel Wahidi. Foto: Fadil MZ

Covesia.com - Belum diumumkan secara resmi oleh BKD Sumbar, file dan screenshot data kelulusan verifikasi adminstrasi CPNS Pemprov Sumbar telah beredar di media sosial sejak Minggu (21/10/2018). 

Menyikapi hal itu, Ombudsmanan telah menurunkan tim ke BKD untuk menindaklanjuti. Plt Kepala Ombudsman Perwakilan Sumbar, Adel Wahidi meminta BKD untuk mengusut kasus tersebut.

“Ini ada dua pintu operator. Bisa jadi operator di BKD daerah atau justru di BKN. Kami belum bisa memastikan. BKD juga harus tindaklanjuti ini. Jika oknum bersangkutan ditemukan, maka harus dikeluarkan dari tim seleksi karena telah melanggar kode etik,” tegasnya, Senin (22/10/2018)

Kata Adel, saat ini Ombudsman telah mengerahkan tim untuk melakukan koordinasi dengan BKD. Sementara ada indikasi bahwa terjadi problem security sistem di dalam (orang dalam/red) dan butuh pakta integritas yang lebih kongkret untuk panitia seleksi. 

"Bisa saja dilempar oleh admin atau verifikator keluar, paling tidak ada temannya yang meminta ada yang screenshot dan file berupa Excel," sebutnya.

Menurutnya, BKD harus cepat bergerak cepat satu hingga dua hari ke depan oknum tersebut hari ini harus ditemukan.

"Kita juga akan memastikan ke BKN apakah mungkin sistem SCCN diretas," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala BKD Sumbar Yulitar menyebutkan, bahwa ia telah memeriksa jajarannya dan dipastikan tidak ada pegawai BKD yang membocorkan data hasil verifikasi berkas lamaran CPNS tersebut.

(dil/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga