Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2018, Ini Tahap Selanjutnya yang Perlu Diperhatikan

Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2018 Ini Tahap Selanjutnya yang Perlu Diperhatikan Ilustrasi (setkab.go.id)

Covesia.com - Sejak kemarin, Minggu (21/10/2018) sejumlah instansi pemerintahan telah mengumumkan daftar peserta rekrutmen CPNS 2018 yang berhasil lulus tahapan seleksi administrasi.

Bagi pelamar yang dinyatakan lulus administrasi, maka mereka selanjutnya berhak mengikuti ujian kemampuan dasar dengan sistem CAT di lokasi yang telah ditentukan oleh masing-masing instansi.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi yang melamar pada formasi umum bakal menjalani tiga aspek yang akan diujikan, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Badan Kepegawaian Negara (BKN) melaporkan, terdapat 35 soal yang akan diujikan pada TWK, 30 soal pada TIU, dan 35 soal dalam TKP. Adapun jawaban benar dihitung 5 poin dan 0 jika salah pada TWK dan TIU, sedangkan perhitungan nilai pada TKP bernilai 1-5 poin.

Dikutip dari akun Twitter resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) @BKNgoid, (Senin (22/10/2018) dijelaskan, acuan dalam tahap penseleksian dipakai berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018.

Dalam aturan itu, disebutkan nilai ambang batas SKD CPNS 2018 yakni 143 untuk untuk Tes Wawasan Kebangsaan, 80 untuk Tes Intelegensia Umum, dan 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi.

Kembali dijelaskan, bagi peserta yang memenuhi passing grade seperti yang diatas juga belum bisa dipastikan berhak mengikuti tes ketahap selanjutnya, yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Hal itu dikarenakan berdasarkan aturan Menteri PANRB Nomor 20 Tahun 2017, jumlah peserta yang dapat mengikuti SKB adalah tiga kali jumlah formasi yang dibutuhkan di masing-masing jabatan yang dilamar.

(adi)

Berita Terkait

Baca Juga