Wabup Mentawai Sepakat Pemindahan Ibukota Provinsi

Wabup Mentawai Sepakat Pemindahan Ibukota Provinsi Kortanius Sabeleake

Covesia.com - Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake sepakat dengan wacana pemindahan ibu kota provinsi menyusul Kota Padang rawan terhadap gempa dan tsunami.

“Kita mendukung, namun hal tersebut perlu analisa yang mendalam dan juga menemukan lokasi yang benar-benar aman sesuai kajian para ahli,”ujar Kortanius Sabeleake di ruang kerjanya, Rabu(17/10/2018).

Korta berharap, jika sudah menetapkan lokasi yang tepat, Pemprov Sumbar dapat melakukan eksekusi secepatnya, sehingga tidak hanya sekadar wacana namun bisa direalisasikan.

“Pengalaman sebelumnya, saat ada wacana sementara persoalan tanah belum selesai, muncul mafia tanah. Sehingga proses pemindahan menjadi sulit, bahkan pembebasan lahan memakan waktu sekian puluh tahun,”tutur Korta.

Jika memang direalisasikan, ujar Korta, lokasi tersebut harus benar-benar aman sesuai kajian para pakar dan minim risiko bencana.

"Pemindahan pusat ibukota provinsi dapat memberi efek pertumbuhan ekonomi bagi daerah itu, begitu juga dengan Kota Padang bisa menjadi lokasi wisata yang menjadi daya tarik tersendiri sebagai kota tua yang penuh sejarah," jelasnya.

Sebelumnya diketahui Sebelumnya, Anggota Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia (IAKI) Andi Renald mengungkapkan, sejumlah kota di Indonesia tidak layak dibangun menjadi kota besar karena berada di lokasi rawan bencana. Dia mencontohkan Padang dan Bengkulu juga rawan digoyang gempa karena  terletak di patahan Sumatera.

Hal ini memunculkan wacana pemidahan ibukota Sumatera Barat. Hal ini pun disetujui oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meski tak menampik bahwa wacana ini membutuhkan biasa yang besar.

Kontributor Mentawai: Septin Kornelia Rahayu

Berita Terkait

Baca Juga