Korban Terakhir Bencana Lintau Buo Ditemukan dalam Kondisi Meninggal Dunia

Korban Terakhir Bencana Lintau Buo Ditemukan dalam Kondisi Meninggal Dunia Korban saat di evakuasi tim SAR gabungan (Foto: Sar Padang)

Covesia - Tim Sar Kabupaten Limapuluh Kota dan tim gabungan akhirnya berhasil menemukan korban terakhir dalam bencana banjir bandang yang menghantam Jorong Tanjung Bonai, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar. 

Korban bernama Daswirman (62) ini ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, Rabu (17/10/2018) pukul 10.14 WIB di daerah Kalo-kalo atau 8 km dari lokasi kejadian. Saat ditemukan, kondisi jenazah korban sudah membengkak dan sulit untuk dikenali.

"Di hari keenam pencarian, kami berhasil menemukan korban atas nama Daswirman yang merupakan korban terakhir menurut laporan dari masyarakat," kata Kepala Pos SAR Kabupaten Limapuluh Kota, Robi Saputra kepada covesia.com.

Dikatakannya, penemuan jenazah Daswirman sempat luput dari pantauan petugas dan masyarakat. Pasalnya, korban terkubur lumpur dan hanya sedikit dari anggota tubuhnya yang keluar. 

Karena adanya anggota badan yang keluar inilah, mengeluarkan aroma tidak sedap yang tercium oleh petugas.

"Jenazahnya ditemukan didekat pemukiman warga dan terkubur lumpur. Karena kulit korban putih, sempat luput dari pantauan karena tubuhnya berbaur seperti lumpur juga. Beruntung ada aroma tidak sedap yang menjadi acuan kami menemukan korban," kata Robi.

Saat dievakuasi, terlihat kondisi jenazah sudah membengkak dan memucat. korban langsung dibawa petugas ke puskesmas Lintau Buo Utara dan seterusnya dibawa ke rumah duka di Jorong Tanjung Haro, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota.

Dengan ditemukannya Daswirman, petugas menghentikan sementara waktu pencarian korban dan prosesi penutupan evakuasi korban akan dilakukan di Polsek Lintau Buo pukul 16.00 WIB hari ini.

"Kami tutup masa evakuasi ini karena dari laporan masyarakat ini korban terakhir. Namun, proses pencarian bisa berlanjut jika ada laporan lagi dari masyarakat," kata Robi.

Diketahui, Daswirman adalah suami dari Yarnida yang juga menjadi korban meninggal dunia. Yarnida ditemukan petugas di hari ketugas evakuasi yakni Sabtu, (13/10/2018) sore. 

Pasangan suami istri asal Kabupaten Limapuluh Kota ini baru saja tiba di lintau buo menggunakan sepeda untuk menghadiri pengajian dan sudah tersapu bah.

Kontributor Limapuluh Kota : Hajrafiv Satya Nugraha

Berita Terkait

Baca Juga