Digenangi Air, Beberapa Ruas Jalan Nasional di Pusat Kota Painan Pessel Rusak Parah

Digenangi Air Beberapa Ruas Jalan Nasional di Pusat Kota Painan Pessel Rusak Parah Ruas jalan Nasional yang rusak parah di Pusat Kota Painan. (Foto: Indrayen/Covesia)

Covesia.com-Sejumlah ruas jalan di Kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengalami rusak, semenjak hujan mengguyur belakangan ini.

Pantauan Covesia.com, salah satunya di sekitaran ruas Jalan Ilyas Yakub Painan, tepat di depan Kantor Bank Nagari Cabang Painan. Terlihat rusak dan sejumlah ruas jalan penuh digenangi air dan timbunan pasir 

Semenjak memasuki cuaca hujan belakangan ini tekstur ruas jalan lebih mudah menjadi labil. Tidak hanya cepat rusak, ruas jalan juga banyak digenangi air.

"Semenjak cuaca kerab kali hujan, mengakibatkan beberapa jalan bekas tambalan di jalur dua kota painan, cepat rusak dilindas truk bermuatan tinggi. Seperti saat ini, jalan yang berlubang adalah bekas tambalan dan digenangi oleh air dan batu krikil kecil diruas jalan tersebut,"jelas salah seorang warga painan Paung (35) pada Covesia.com Selasa (16/10/2018)

Sementara itu, Kadis PU Pessel, Era Sukma Munaf mengatakan, untuk menyikapi kondisi ruas jalan yang berada di pusat Kota Painan, sudah dalam penanganan pihak Balai Nasional. Namun, karena cuaca hujan, penambalan jalan menjadi terkendala.

"Itu (jalan ruas jalan kota yang rusak), sudah dalam penanganan Balai Jalan Nasional. Karena, cuaca hujan jadi belum bisa ditambal dengan aspal," sebut Era Sukma Munaf 

Dimenjelaskan, terkait cuaca hujan terjadi saat ini, pihaknya tidak bisa memastikan sejumlah ruas jalan yang tepat diperabiki. Karena memang, untuk perbaikan jalan perlu penyesuaian dengan kondisi cuaca.

"Melihat kondisi hujan saat ini, memang tidak bisa mengaspal. Jadi kalau sudah musim panas, yang ditimbu pasir akan dibokar kembali, dan ditmbal aspal," terangnya.

Melihat cepat rusak ruasa jalan Nasional di daerah itu, Dinas PU sudah membuat usulan kepada pemerintah pusat. Sebab, dengan cepat rusaknya jalan di daerah itu perlu peganganan secara total dari pusat.

"Untuk pengaspalan total belum. Ini masih dalam usulan kita ke Jakarta. Semoga untuk menyikapi kondisi jalan ini, bisa disetujui nanti," pungkasnya

Kontributor Pesisir Selatan: Indrayen

(utr)

Berita Terkait

Baca Juga