Pemindahan Ibukota Sumbar, M Nurnas: Tata Ruang Kota Jadi Perioritas Utama Pembangunan

Pemindahan Ibukota Sumbar M Nurnas Tata Ruang Kota Jadi Perioritas Utama Pembangunan Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar M Nurnas (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar M Nurnas mengungkapkan, pemerintah seharusnya memikirkan tata ruang kota dibandingkan dengan keinginan memindahkan pusat ibu kota provinsi ke daerah lain.

"Pasca gempa 2009, sering saya sampaikan pemerintah harus menata kembali tata ruang kota, ini semestinya yang dilakukan," ujar M Nurnas saat dihubungi covesia.com, Selasa (16/10/2018).

Menurutnya, jika wacana pemindahan ibu kota provinsi muncul lantaran khawatir terdampak gempa, malahan seluruh daerah di Sumbar rawan gempa terutama yang berada di daerah patahan. Oleh sebab itu, wacana pemindahan ibu kota provinsi tidak mudah direalisasikan.

"Mitigasi bencana serta menata kembali tata ruang kota ini yang harus difokuskan oleh pemerintah saat ini. Gempa kan fenomena tidak bisa diprediksi, jika tata kelola kota sudah baik kita hanya waspada jika sewaktu-waktu datang bencana," sebutnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan sosialisasi mitigasi bencana serta perbaikan jalur evakuasi di daerah pantai harus diperhatikan oleh pemerintah. Begitu juga dengan anggaran dana untuk mitigasi bencana.

"Anggaran untuk mitigasi bencana sangat minim sekali, jangankan mempersoalkan anggaran, saat ini saja banyak gedung perkantoran bertingkat yang tidak memiliki rambu-rambu jalur evakuasi," sebutnya.

"Makanya tidak usah terlebih dahulu kita membicarakan wacana pemindahan ibu kota provinsi. Banyak yang mesti kita perbaiki. Jangan hanya ketika datang bencana baru kita ribut," ungkap Anggota Komisi I DPRD Sumbar tersebut.

(dil)


Berita Terkait

Baca Juga