Irma Suryani Chaniago: Wacana Pemindahan Ibu Kota Sumbar Perlu Dipertimbangkan

Irma Suryani Chaniago Wacana Pemindahan Ibu Kota Sumbar Perlu Dipertimbangkan Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem Irma Suryani Chaniago. (Jhon Rico/ Covesia.com)

Covesia.com- Wacana pemindahan ibu kota Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mencuat usai kejadian gempa dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah. Para ilmuwan memperkirakan, gempa dan tsunami juga berpeluang terjadi di Kota Padang.

Menanggapi hal ini, Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem Irma Suryani Chaniago mengatakan bahwa wacana pemindahan ibu kota Provinsi Sumbar terkait berada di lokasi rawan bencana perlu dipertimbangkan.

"Saya kira yang pertama wacana itu perlu dipertimbangkan terkait kemungkinan bencana alam," kata Irma yang juga sebagai Anggota Komisi IX DPR RI saat dihubungi Covesia.com, Senin (15/10/2018).

Kendati demikian, perempuan berdarah Minang ini juga berharap agar Sumbar bisa lebih fokus dengan meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakatnya melalui terobosan yang brilian. Menurut dia, saat ini Sumbar sudah tertinggal jika dibandingkan dengan provinsi lain di Sumatera.

"Coba bandingkan Sumbar dan provinsi-provinsi lain di Sumatera? Menurut saya Sumbar sangat jauh tertinggal. Kenapa? Karena kurang ada pemikiran cerdas untuk memasukan investasi ke Sumbar. Padahal SDM dan SDA Sumbar sangat menunjang," ujar dia.

Ia memberikan salah contoh apa yang dilakukan di provinsi lain seperti di Sumatera Selatan (Sumsel). Menurut Irma, setelah Sumsel berhasil menjadi tuan rumah Asian Games 2018, provinsi tersebut mendapatkan LRT dan kawasan olahraga internasional. "Itu salah satunya (terobosan yang dilakukan)," jelas dia.

Ia menyebut, Jika kita hanya berpikir untuk menghabiskan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara ( APBN) tanpa melakukan terobosan terobosan brilian untuk membangun Sumbar, menurut dia Provinsi Sumbar akan jauh tertinggal lima tahun kedepan.

Baca juga: Padang Rawan Gempa, Gubernur Sumbar Setuju Pusat Pemerintahan Dipindahkan

(jon)

Berita Terkait

Baca Juga