Sumatera Barat Siap Cetak Juru Bicara Pancasila Bersama Komunitas Bela Indonesia

Sumatera Barat Siap Cetak Juru Bicara Pancasila Bersama Komunitas Bela Indonesia Supervisor Komunitas Bela Indonesia, Elza Peldi Taher memberi materi kepada peserta. Foto: Humas KBI

Covesia.com - Komunitas Bela Indonesia (KBI) menggandeng Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang untuk mengadakan Pelatihan 1000 Juru Bicara Pancasila di HW Hotel Padang di Jalan Hayam Wuruk, Padang, Sumatra Barat, Jumat (12/10) hingga Senin (15/10). 

Pelatihan Juru Bicara Pancasila ini nampak dipersiapkan dengan seksama, dengan merujuk dari buku yang berjudul Rumah Bersama Kita Bernama Indonesia, yang ditulis oleh Denny JA dan Tim.

Dalam rilisnya beberapa bulan yang lalu, Lingkaran Survei Indonesia (LSI Denny JA) menemukan data yang mengkhawatirkan. Sejak tahun 2005, lalu 2010, 2015 hingga 2018, warga pro Pancasila terus menurun dari 85,2 persen menuju 75,3 persen. Selama 13 tahun terakhir, dukungan warga kepada Pancasila menurun sekitar 10 persen. Di sisi lain, di era yang sama, pendukung NKRI bersyariah naik 9 persen. Publik yang pro NKRI bersyariah tumbuh dari 4,6% (2005) menjadi 13,2% (2018).

Keprihatinan itu pula yang bahkan menjadi alasan kuat peserta asal Pasaman Barat, Rati Aprilia, untuk tetap bersikeras pergi ke pelatihan meski  tengah ada banjir besar dan longsor di dekat daerahnya karena hujan deras yang terus melanda selama beberapa waktu terakhir. 

Rati  menerangkan bahwa dirinya tidak ingin jadi orang yang egois dan apatis, “Sekarang ini orang-orang banyak yang tidak peduli pada kepentingan bersama, hanya peduli pada kepentingan sendiri. Saya tidak mau seperti itu maka saya harus ikut pelatihan ini.”

Rati adalah satu dari 40 peserta yang terseleksi dari 50 pendaftar yang mengirimkan formulir. 40 peserta ini terdiri dari representasi banyak elemen organisasi, lembaga, dan komunitas di Padang dan sekitarnya.

Sementara itu supervisor KBI, Elza Peldi Taher, mengatakan bahwa Pelatihan 1000 Juru Bicara Pancasila yang tengah dilakukan KBI di 25 Provinsi mencoba menjawab data menurunnya jumlah pendukung pancasila tersebut dengan aksi nyata.

“Pelatihan 1000 Juru Bicara Pancasila yang dilakukan KBI adalah respon nyata dari data menurunnya pendukung pancasila belakangan ini,” ujarnya.

Selama empat hari mulai Jumat (12/10) hingga Senin (15/10), pelatihan ini akan membekali peserta dengan materi menulis, debat, dan manajemen media sosial oleh para trainer Mohammad Monib, Ahmad Gaus, dan Erick Gafar. 

Melalui pelatihan ini, diharapkan peserta akan siap menjadi juru bicara Pancasila yang melakukan kampanye di komunitasnya, dan terutama kampanye di media sosial.

(ril/don)



Berita Terkait

Baca Juga