Tingkatkan Ekonomi dan Lestarikan Hutan, Nagari Kamang Mudiak Kembangkan Tanaman Kemiri

Tingkatkan  Ekonomi dan Lestarikan Hutan Nagari Kamang Mudiak Kembangkan Tanaman Kemiri Bibit Kemiri (Foto: Covesia/ Johan)

Covesia.com - Tingkatkan penghasilan sambil menjaga lingkungan, Pemerintah Nagari Kamang Mudiak, kecamatan Kamang Magek, kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembangkan tanaman kemiri.

Walinagari Kamang Mudiak, A Dt Samiak melalui  Sekretaris Nagari, Rahman mengatakan, untuk tahap awal ini pihaknya akan mengembangkan 2000 batang bibit kemiri dengan target luas lahan 45 hektar.

"Kita sudah menganggarkan di nagari kamang mudiak dan tahun ini bisa direalisasikan, nantinya setelah siap di tanam, bibit tersebut akan di bagikan kepada seluruh masyarakat," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, Jum'at (12/10/2018).

Dijelaskan Rahman, banyak keunggulan yang diperoleh dari pengembangan tanaman itu,  secara geografis, nagari Kamang Mudiak merupakan kawasan dataran tinggi perbukitan dan hutan sangat cocok untuk tanaman berumur lama dan produktif. Selain itu kemiri juga akan ditanam dilahan masyarakat yang sulit dikelola untuk lahan pertanian.

Tidak hanya itu, kemiri termasuk tanaman yang tahan dari segala kondisi dan cuaca serta tahan terhadap semua penyakit tanaman, dan tidak membutuhkan  biaya perawatan yang besar. 

"Kemiri tidak termasuk tanaman musiman sehingga terbisa dipanen secara terus menerus," lanjutnya.

Selain meningkatkan ekonomi masyarakat, pengembangan tanaman tersebut juga bertujuan untuk pelestarian dan penghijauan lingkungan, kemiri merupakan jenis tanaman memiliki batang pohon besar dan rindang sehingga bisa menjaga keseimbangan ekosistem hutan di lingkungan setempat.

"Kita mengupayakan, tidak ada lahan yang tidak bisa dimanfaatkan di kamang mudiak, selain untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat ditargetkan pengembangan tanaman juga bisa menjaga melestarikan hutan," tutupnya.


Berita Terkait

Baca Juga