Sentimen Perang Dagang, Rupiah Rp15.297 per USD

Sentimen Perang Dagang Rupiah Rp15297 per USD Dok. Covesia/ Primadoni

Covesia.com - Pergerakan nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis sore bergerak melemah sebesar 44 poin menjadi Rp15.297 dibandingkan posisi sebelumnya Rp15.253 per dolar AS, terimbas isu perang dagang yang kembali memanas.

Analis Valbury Asia Futures, Lukman Leong di Jakarta, Kamis (11/10/2018), mengatakan bahwa sentimen perang dagang kembali membebani laju mata uang negara berkembang, termasuk rupiah.

"Beredar kabar Presiden AS Donald Trump siap meningkatkan tarif impor lebih lanjut terhadap produk Tiongkok," ujarnya.

Selanjutnya, ia mengatakan, perang dagang yang kembali memanas itu akan memicu Tiongkok untuk melakukan devaluasi mata uangnya, kondisi itu tentu berimbas negatif pada mata uang di kawasan sekitar.

"Sentimen perang dagang cukup kuat mempengaruhi mata uang rupiah dan mata uang negara berkembang lainnya," katanya.

Di tengah situasi eksternal yang kurang kondusif, lanjut dia, membuat investor cenderung menahan diri untuk masuk ke aset negara berkembang, termasuk Indonesia yang akhirnya memicu tekanan pada nilai tukarnya.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada hari ini (11/10), tercatat mata uang rupiah melemah menjadi Rp15.253 dibanding sebelumnya (10/10) di posisi Rp15.215 per dolar AS.

(ant/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga