Operasi Militer Pasukan Keamanan Mesir Tewaskan 52 Ekstrimis di Sinai

Operasi Militer Pasukan Keamanan Mesir Tewaskan 52 Ekstrimis di Sinai Ilustrasi (mirror)

Covesia.com - Operasi pasukan keamanan Mesir di Semenanjung Sinai yang menargetkan militan telah menewaskan 52 tersangka ekstremis dan tiga tentara, kata militer, Senin (08/10).

Militer meluncurkan operasi besar-besaran pada Februari di Sinai di Mesir timur yang bertujuan menumpas ekstremis termasuk dari kelompok ISIS, yang telah melancarkan pemberontakan berdarah.

Pada Senin, militer mengatakan bahwa 52 “takfiri” atau ekstremis muslim Sunni tewas dalam dua operasi terpisah oleh pasukan keamanan di semenanjung yang bergolak itu.

Tiga personel pasukan bersenjata juga tewas dalam operasi itu, ungkap militer dalam sebuah pernyataan, tanpa menyebutkan kapan operasi berlangsung.

Militer sering melaporkan operasi di Sinai sejak pihaknya memulai kampanye tersebut.

Menurut angka resmi, total lebih dari 350 tersangka ekstremis dan setidaknya 30 tentara tewas dalam operasi “Sinai 2018”.

Narasumber keamanan pekan lalu mengatakan bahwa pemimpin ISIS setempat Abu Hamza al-Maqdisi tewas dalam serangan udara di Sinai. Kelompok ekstremis itu membenarkan kematiannya.

Ekstremis telah menewaskan ratusan perwira polisi dan tentara di Sinai sejak militer menggulingkan presiden Mesir Mohamed Morsi pada 2013. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga