Panglima Tegaskan TNI Akan Selalu Menjadi Pemersatu Bangsa

Panglima Tegaskan TNI Akan Selalu Menjadi Pemersatu Bangsa Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (setkab.go.id)

Covesia.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan bahwa TNI akan selalu menjadi pemersatu bangsa, sehingga diharapkan TNI akan selalu solid memberikan yang terbaik bagi Indonesia. 

  "Harapannya TNI akan selalu solid, termasuk dalam menjaga netralitas dan menjamin kesuksesan Pemilu 2019. TNI akan selalu menjadi pemersatu bangsa," kata Panglima TNI pada acara "Gala Dinner" dalam rangka syukuran HUT Ke-73 TNI, di GOR A Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (8/10) malam.  

Beberapa catatan pencapaian TNI terkini di antaranya kesuksesan pengamanan Pilkada Serentak 2018, pengamanan Asian Games XVIII 2018, operasi perdamaian dunia dengan target pengerahan 4.000 prajurit, penanganan bencana alam di berbagai daerah, dan pencapaian pembangunan minimum essential force 62 persen dari target pemenuhannya pada tahun 2024.  

Menurut Hadi, berbagai pencapaian tersebut tidak lepas dari sinergi dengan stakeholder lainnya, terutama Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).   

"Saya mengucapkan penghargaan yang tulus kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian beserta jajarannya atas kerja sama yang telah terjalin dengan sangat baik," katanya, dalam siaran persnya.  

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI mengajak untuk sejenak memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar meringankan beban yang menimpa saudara-saudara kita di Palu, Donggala, Parigi Moutong, dan Lombok.  

"Semoga Allah SWT memberi kekuatan dan kesabaran kepada masyarakat yang terdampak bencana, sehingga dapat segera bangkit dan menjalani aktivitas kehidupannya seperti sediakala. Semoga pula apa yang kita kerjakan untuk membantu, dapat meringankan beban saudara-saudara kita tersebut," kata mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) ini pula.  

Marsekal Hadi mengatakan bahwa para prajurit TNI bersama berbagai komponen bangsa lainnya merespons dengan berupaya untuk secara cepat hadir di setiap tempat yang terdampak bencana.   

"Kami juga selalu mengerahkan segenap kemampuan baik personel maupun alutsista untuk melakukan penyelamatan, evakuasi, penyaluran bantuan, pengamanan, rehabilitasi dan berbagai tindakan lainnya yang diperlukan," ujarnya.   

Selanjutnya Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa gala dinner ini, juga merupakan bentuk apresiasi atas segala dedikasi dan dasar yang telah diletakkan oleh para sesepuh dan pendahulu TNI yang telah mengantar dan membangun TNI hingga menjadi profesional.  

Selain itu, Panglima TNI menyampaikan rasa bangga dan penghargaan yang tulus kepada seluruh prajurit TNI dimana pun berada dan bertugas.   

"Kalian telah menunjukkan jati diri prajurit TNI yang sejati. Pengorbanan kalian beserta keluarga telah memberi rasa aman bagi rakyat dan akan bernilai ibadah di mata Tuhan," katanya pula.  

Dia mengajak, dengan segala kemampuan yang dimiliki, tetaplah senantiasa menjadi prajurit yang rendah hati dan dekat dengan rakyat karena profesionalisme TNI semata-mata untuk rakyat.   

Turut hadir pada acara tersebut, di antaranya Kasad Jenderal Mulyono, Kasal Laksamana Siwi Sukma Adji, Kasau Marsekal Yuyu Sutisna, Pangkostrad Letjen Andika Perkasa, Kasum TNI Laksdya Dr Didit Herdiawan, dan Wakapolri Komjen Aridono Sukmanto. 

Para sesepuh TNI yang hadir, di antaranya Jenderal (Purn) Try Sutrisno, Menko Polhukam Jenderal (Purn) Wiranto, para mantan Panglima TNI dan kepala staf angkatan. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga