Jokowi Sebut Perempuan Punya Kontribusi Besar di Sektor Ekonomi

Jokowi Sebut Perempuan Punya Kontribusi Besar di Sektor Ekonomi Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadiri pembukaan Rakernas Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) ke 28 di Hotel Grand Inna Padang, Sumatera Barat, Senin Sore, (8/10/2018). (Fadil MZ/ Covesia.com)

Covesia.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadiri pembukaan Rakernas Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) ke 28 di Hotel Grand Inna Padang, Sumatera Barat, Senin Sore, (8/10/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga memotivasi kaum perempuan agar lebih banyak menekuni  dunia usaha. Sebab, menurutnya, aktifas perempuan dalam dunia usaha bisa meningkatkan perekonomian Indonesia saat ini.

"Kaum perempuan lebih ulet. Punya perhitungan yang lebih matang. Kemudian mereka juga memiliki kontribusi di sektor perekonomian Indonesia," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, dari 54,5 juta pengusaha Indonesia, sebanyak 49,9 juta merupakan pengusaha mikro dan kecil yang 60 persennya pengusaha perempuan.

"Pengusaha perempuan memiliki andil yang cukup besar dalam di sektor ekonomi, itu sebabnya perempuan harus banyak menjadi pengusaha," tuturnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa  peningkatan ekonomi di Indonesia terletak pada sektor investasi dan ekspor yang dibutuhkan untuk menghidupkan sektor-sektor usaha, terutama usaha kecil dan menengah.

"Pemerintah juga mendorong para  pengusaha untuk melakukan ekspor produknya ke luar negeri. Terutama negara yang belum pernah melakukan ekspor seperti negara Afrika dan lainnya," ungkapnya.

Sementara Ketua Umum IWAPI Nita Yudi mengungkapkan pemerintah sangat mendukung perkembangan usaha kecil menengah. Terlebih lagi pemerintah menurunkan pajak UMKM dari 1 persen menjadi 0,5 persen dari omset.

" Begitu juga dengan KUR, pemerintah menurunkan dari 9 persen menjadi 7 persen. Kita sangat apresiasi perhatian pemerintah tersebut," ujarnya.

(dil/jon)

Berita Terkait

Baca Juga