Pengungsi Bencana Sulteng Nikmati Rendang Asal Sumbar

Pengungsi Bencana Sulteng Nikmati Rendang Asal Sumbar Rendang bantuan asal Sumbar di dapur umum Posko Bencana Sulteng. (Istimewa)

Covesia.com-Bantuan rendang sebanyak 1,5 ton dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) telah dinikmati oleh masyarakat korban bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kabag Pemberitaan Biro Humas Setda Provinsi Sumbar, Zardi Syahril menyatakan bahwa Pemprov Sulteng menyambut baik kedatangan bantuan berupa rendang dan donasi dari Sumbar.

Menurut Zardi, bantuan rendang untuk korban bencana gempa dan tsunami Palu, Donggala dan Sigi tiba di Palu, Sabtu siang (6/10) dan dibagikan kepada masyarakat atau pengungsi, Minggu (7/10).

Zardi menjelaskan, setelah sampai di Palu, ia dibantu petugas BPBD Sumbar langsung mendatangi pihak penerima bantuan. "Kami menyerahkan rendang ini siang kemarin dengan pihak Pemprov Sulawesi Tengah," ujar Zardi melalui pesan WhatsApp, Senin (8/10/2018).

Pemprov Sulteng, kata dia, melalui Kadis Sosial Sulteng Ridwan Mumu menyampaikan rasa terimakasih kepada warga Minang atas bantuan rendang yang sangat dibutuhkan oleh para pengungsi.

"Rendang itu katanya akan dibagi di tiga lokasi. Pertama untuk dapur umum, dapur umum jabatan dan untuk warga Minang yang ada di Sulteng," sebutnya.

Selain itu, ia didampingi pengurus Ikatan Keluarga Minang (IKM) Sulteng juga menyempatkan diri untuk mengunjungi dapur umumdi posko pengungsian korban bencana Palu.

"Ya, kami didampingi ketua IKM Sulteng, Jhon Marshal. Katanya, rendang begitu membantu. Saat korban bencana belum bisa menikmati makanan enak, datang rendang yang lezatnya tak terbantah lagi," ujar Zardi.

Selain rendang, Pemprov juga telah menyediakan donasi uang sebesar Rp1 miliar. Masing-masing, Rp500 juta dari Pemprov dan Rp500 lagi bersumber dari BAZNAS Sumbar.

 (dil/jon)

Berita Terkait

Baca Juga