KPK Tetapkan Irwandi Yusuf Tersangka Gratifikasi Proyek Dermaga Sabang

KPK Tetapkan Irwandi Yusuf Tersangka Gratifikasi Proyek Dermaga Sabang Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf (antara)

Covesia.com- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan dua orang sebagai tersangka menerima gratifikasi terkait pelaksanaan proyek pembangunan Dermaga Sabang yang dibiayai APBN Tahun Anggaran 2006 2011.

Dua tersangka itu antara lain Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf (IY) dan Izil Azhar (IA) dari unsur swasta atau orang kepercayaan Irwandi Yusuf. 

"Tersangka IY selaku Gubernur Aceh periode 2007 2012 bersama-sama dengan IA, diduga menerima gratifikasi yang dianggap suap karena berhubungan dengan jabatannya dan berlawanan dengan kewallban atau tugasnya sebagai Gubernur Aceh dari pelaksanaan proyek pembangunan Dermaga Sabang yang dibiayai APBN Tahun Anggaran 2006 2011," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jakarta, Senin (8/10/2018).

Febri menyatakan total dugaan gratifikasi yang diterima dan yang berhubungan dengan jabatan dan berlawanan dengan kewajiban atau tugas Irwandi Yusuf sebagai Gubernur Aceh periode 2007-2012, yaitu sekitar Rp32 miliar. "Iya diduga tidak melaporkan penerimaan tersebut pada Direktorat Gratiflkasi KPK," ungkap Febri.

Sebelumnya, Irwandi juga telah ditetapkan sebagai tersangka kasus suap pengalokasian dan penyaluran Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) Tahun Anggaran 2018 pada Pemprov Aceh.

(ant/jon)

Berita Terkait

Baca Juga