Wamenlu: 18 Negara Telah Kirim Bantuan Ke Sulteng

Wamenlu 18 Negara Telah Kirim Bantuan Ke Sulteng Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir (kedua kiri) di acara FMB 9 mengenai update bencana Sulteng di Jakarta, Sabtu (6/10/2018).

Covesia.com- Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Abdurrahman Mohammad Fachir menyebut ada 18 negara yang telah merealisasikan mengirim bantuan ke wilayah bencana di Sulawesi Tengah (Sulteng). Beberapa negara ada yang menawarkan tapi tidak sejalan dengan identifikasi awal.

“Negara yang sudah direalisasikan mengirim bantuan adalah Korea, Jepang, Swiss, Singapura, Tiongkok, Qatar, Turki, India, Spanyol, Vietnam, Malaysia, Inggris, Selandia Baru, Australia, Russia, Pakistan, dan Denmark,” kata Fachir saat Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (Dismed FMB’9) di Kantor Pusat BNPB, Jakarta, Sabtu (6/10/2018).

Ia menjelaskan, setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima sejumlah telepon dari sejumlah kepala negara, Presiden memutuskan untuk menerima tawaran bantuan dari sejumlah negara sahabat sesuai kebutuhan.

 “Sehingga, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) masuk sebagai Satgas nasional sebagai sub satgas bantuan nasional. Waktu itu ada 25 negara dan 4 organisasi internasional yang menyatakan mengirimkan bantuan,” jelas Fachir.

Yang paling utama, menurut Wamenlu, adalah angkutan udara, genset, tenda, water treatment, dan rumah sakit lapangan. Itu yang diidentifikasi sesuai yang mereka tawarkan.

“Ternyata, yang mereka tawarkan termasuk bantuan keuangan. Itu kita terima dengan ucapan terima kasih. Kita memproses bantuan tersebut, semua menyangkut masalah prosedur, termasuk alat angkutan udara,” ulas Fachir.

Sementara, lanjut Wamenlu, untuk bantuan finansial yang didapat dari negara asing sudah terkumpul sekitar Rp220 milyar.

Wamenlu menegaskan, pihaknya sudah memutuskan terkait sumbangan finansial, ada yang diarahkan ke tanggap darurat. Sudah diinformasikan, setelah tanggap darurat ada tahap rehabilitasi dan rekonstruksi.

(jon)

Berita Terkait

Baca Juga