Tiga BUMN Ditunjuk Jadi Koordinator Dapur Umum di Sulteng

Tiga BUMN Ditunjuk Jadi Koordinator Dapur Umum di Sulteng Proses Penurunan delapan ton bantuan Jepang di Bandara Mutiara SIS Al Jufri, Kota Palu, Sabtu (6/10) (Antara/Ricky Prayoga)

Covesia.com- Pemerintah menunjuk tiga BUMN menjadi koordinator dapur umum di Sulawesi Tengah usai wilayah tersebut diguncang gempa dan tsunami. Ketiganya adalah Pertamina yang mengkoordinir di kota Palu dan sekitarnya, Pelindo IV untuk Donggala dan sekitarnya serta BNI untuk wilayah Parigi Moutong dan sekitarnya.

Demikian diungkapkan Asdep Tanggungjawab Sosial Lingkungan Kemen BUMN Indriani Widiastuti, saat Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 di Kantor Pusat BNPB, Jakarta, Sabtu (6/10/2018).

Menurut dia, Pertamina telah menjalankan rencana alternatif Reguler, Alternative, Emergency (RAE) untuk mengamankan pasokan energi yang meliputi BBM, Elpiji dan avtur, ke kota Palu dan sekitarnya.

Pasokan akan dilakukan melalui beberapa Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM), yakni TBBM Poso, TBBM Moutong, TBBM Toli-toli, dan TBBM Pare-pare. Lokasi TBBM ini dipililih berdasarkan kondisi jalur darat yang paling memungkinkan.

Hal lain yang telah dipastikan adalah PLN telah mengoperasikan kembali 2 gardu induk (GI), yaitu GI Pamona dan GI Poso yang mensuplai pelanggan daerah Tentena, Poso, Kota Poso, dan Bandara Kasiguncu serta berhasil memperbaiki 3 unit PLTD Silae masing-masing berkapasitas 1,3 MW.

Kemudian Perum Bulog yang telah menyalurkan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang siap disalurkan minimal 200 ton per provinsi dan 100 ton per kota/kabupaten.

Sementara Pelindo IV telah membuka tiga posko distribusi di Makassar, Balikpapan dan Bitung untuk kemudian dikirimkan ke Pelabuhan Pantoloan.

Pelni mengerahkan 6 armadanya yakni KM Lambelu, KM Labobar, KM Binaiya, KM Egon, KM Dobonsolo dan KM Lognus 1.

Untuk ASDP Indonesia Ferry mengerahkan kapal motor penyebrangan (KMP) Julung-Julung dari pelabuhan Toli-Toli ke Pelabuhan Taipa Palu.

Sedangkan PT Telkom Indonesia/Telkom (Persero) Tbk secara bertahap telah berhasil memulihkan sebagian besar jaringan di wilayah Kota Palu, Donggala, dan sekitarnya. Saat ini layanan komunikasi SMS dan suara berangsur pulih di beberapa titik strategis kota Palu yang diprioritaskan bagi pemerintah dan instansi-instansi yang sangat membutuhkan serta jaringan 4G yang sudah kembali beroperasi di beberapa wilayah seperti Toli-toli, Poso dan Luwuk.

Untuk Kota Donggala, perangkat layanan voice dan internet pun telah pulih. Telkom juga telah mengaktifkan akses free wifi di area kantor Telkom Donggala.

(jon)

Berita Terkait

Baca Juga