ISIS Klaim Dalang Serangan Mematikan Saat Parade Militer Iran

ISIS Klaim Dalang Serangan Mematikan Saat Parade Militer Iran Ilustrasi (mirror)

Covesia.com - Kelompok ISIS mengaku sebagai dalang penembakan mematikan yang menargetkan parade militer di wilayah barat daya Iran, Sabtu (22/09), kata kantor berita propagandanya Amaq.

Mengutip seorang narasumber keamanan, Amaq mengatakan: “Pejuang ISIS menyerang pertemuan pasukan Iran di Kota Ahvaz di Iran selatan.

”Pernyataan itu diunggah di akun Amaq di aplikasi pesan Telegram.

Setidaknya 24 orang tewas dalam serangan tersebut, termasuk seorang gadis kecil serta tentara, seperti dilansir media pemerintah Iran.

Tiga dari penyerang tewas di tempat kejadian, sementara penyerang keempat ditangkap dan kemudian meninggal akibat lukanya, kata juru bicara angkatan bersenjata Brigadir Jenderal Abolfazl Shekarchi.

Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif sebelumnya menuduh sekutu Amerika Serikat di kawasan itu sebagai dalang serangan mematikan tersebut.

“Teroris yang direkrut, dilatih, dipersenjatai dan dibayar rezim asing menyerang Ahvaz,” cuit Zarif di Twitter, menambahkan: “Iran menganggap sponsor teror regional dan tuan mereka Amerika Serikat bertanggung jawab atas serangan semacam itu.” (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga