Pasukan AS dan Sekutu Diserang di Somalia

Pasukan AS dan Sekutu Diserang di Somalia Ilustrasi (mirror)

Covesia.com - Pasukan Amerika Serikat (AS) dan sekutunya diserang di Somalia, memicu serangan udara yang menewaskan 18 militan Al Shabaab, kata militer AS, Sabtu (22/09).

Insiden itu terjadi pada Jumat 50 kilometer sebelah barat laut Kismayo di wilayah selatan negara Tanduk Afrika tersebut, tempat pasukan komando Somalia bekerja berdampingan dengan pasukan Amerika yang melatih mereka.

Serangan udara dan serangan rudal meningkat dalam beberapa bulan terakhir.“Serangan udara AS dilancarkan terhadap militan setelah pasukan AS dan sekutu diserang,” kata Komando Afrika AS dalam sebuah pernyataan.

Pasukan AS juga bermitra dengan Misi Uni Afrika yang didukung PBB di Somalia, yang bertujuan melawan ancaman dari ekstremis Al Shabaab.Serangan udara dilancarkan “untuk mempertahankan diri” dan menewaskan 18 militan, kata Komando Afrika.

Dua militan lainnya “tewas di tangan pasukan Somalia dengan senjata kecil ditembakkan dalam bentrokan tersebut,” imbuh Komando Afrika.

Lebih dari 500 personel Amerika bermitra dengan Misi Uni Afrika di Somalia (AMISOM) dan pasukan keamanan nasional Somalia.

Al Shabaab, afiliasi Al Qaeda, berjuang untuk menggulingkan pemerintah Somalia yang didukung internasional di Mogadishu. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga