Terkait Hoaks, PWI Dukung Pergub Sumbar Nomor 30 Tahun 2018

Terkait Hoaks PWI Dukung Pergub Sumbar Nomor 30 Tahun 2018 Ketua PWI Pusat, Margiono (Foto: Fadil/Covesia)

Covesia.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Margiono mengungkapkan, seseorang wartawan tidak dibenarkan menyebarkan dan memberitakan berita hoaks kepada masyarakat.

"Hoaks bukanlah pekerjaan dari seorang wartawan, pers harus mengurus pers saja dan jangan pernah memberitakan berita hoaks," ujar Margiono saat berada di Padang, Sumatera Barat, Jumat (21/09/2018).

Selain itu, ia juga menyinggung Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 30 tahun 2018 tentang kerjasama media massa yang  dikeluarkan oleh Gubernur Sumbar. Menurutnya, Pergub tersebut sangat membantu proses pemberitaan dan menuntut media lebih profesional dalam pemberitaannya.

"Pergub yang dikeluarkan Gubernur Sumbar ini mengatur tentang profesionalitas wartawan dan media, dan ini hanya satu-satunya di Indonesia," ungkapnya usai pemberian anugerah Pena Emas kepada Gubernur Sumbar. 

Sementara itu, Gubernur Sumbar menyebutkan bahwa, Pergub tersebut mendorong pers dan wartawan untuk lebih profesional jika ingin melakukan kerjasama dengan Pemprov sumbar.

"Dalam Pergub tersebut  media yang bekerjasama dengan Pemprov Sumbar harus lolos seleksi terverifikasi administratif oleh Dewan Pers, begitu juga dengan wartawannya mesti lulus Ujian Kompetisi Wartawan (UKW) minimal wartawan muda," ujar Irwan.

(dil)

Berita Terkait

Baca Juga