Antisipasi Kedatangan Migran, Trump Sarankan Spanyol Bangun Tembok di Gurun Sahara

Antisipasi Kedatangan Migran Trump Sarankan Spanyol Bangun Tembok di Gurun Sahara Donald Trump

Covesia.com - Menteri Luar Negeri Spanyol Josep Borrell mengungkapkan bahwa Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengusulkan untuk membangun tembok di sepanjang gurun Sahara guna membendung kedatangan migran, seperti yang dia rencanakan di perbatasan Meksiko, Kamis (20/09).

“Menutup pelabuhan bukan solusi, dan begitu juga membangun tembok di sepanjang Sahara seperti yang disarankan Presiden Trump kepada saya baru-baru ini,” kata Borrell di pertemuan makan siang pekan ini, menurut video yang dirilis media Spanyol.

“’Bangun saja tembok yang membatasi Sahara’,” katanya, mengutip pernyataan Trump.

“’Tapi apa Anda tahu seberapa besar Sahara ’,” jawab menteri luar negeri itu tanpa memberikan keterangan lebih lanjut.

Pernyataan tersebut kabarnya disampaikan saat para pemimpin Uni Eropa melakukan pembicaraan di Salzburg tentang bagaimana menangani jumlah imigran yang tiba di Eropa.

Spanyol menjadi yang terdepan masalah ini, setelah menjadi titik masuk nomor satu bagi imigran yang datang ke Eropa melalui laut atau darat dari Afrika melampaui Italia.

Banyak dari imigran menyeberangi Sahara ke Maroko dan ke Spanyol melewati Mediterania atau memanjat lebih dari dua pagar tinggi ke wilayah luar negeri Spanyol Ceuta dan Melilla di Maroko utara.

(ant/lif)

Berita Terkait

Baca Juga