KIPP: Kepala Daerah Dukung Paslon Capres dan Cawapres Rentan Gunakan Kewenangan

KIPP Kepala Daerah Dukung Paslon Capres dan Cawapres Rentan Gunakan Kewenangan Sejumlah Kepala Daerah di Sumbar Deklarasikan dukungan ke Jokowi untuk mempimpin dua periode (Foto: Fadil/Covesia.com)

Covesia.com-Ketua Komite Independen Pengawas Pemilu (KIPP) Sumatera Barat (Sumbar), Samaratul Fuad merasa kecewa dengan sikap beberapa kepala daerah yang mendeklarasikan dukungan untuk Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019.

"Sebagai pimpinan daerah, tidak etis mereka secara terang-terangan mendukung salah satu bakal calon Presiden dan Wakil Presiden. Karena dalam Undang-Undang Pemilu, mereka bertanggungjawab terhadap proses Pemilu," ujar Ketua KIPP Sumbar, Samaratul Fuad kepada covesia.com, Kamis, (20/9/2018).

Ia menganggap sangat sulit untuk membedakan kapan mereka sebagai kepala daerah dan kapan merekan sebagai pendukung salah satu calon. Selain itu, juga dikhawatirkan mereka akan mengarahkan ASN di bawahnya untuk mendukung salah satu calon.

"Makanya Bawaslu dalam rangka pencegahan harus memanggil kepala daerah tersebut, kemudian juga harus ada fakta integritas dari kepala daerah untuk tidak menggunakan sumberdaya daerah atau kebijakan sebagai kepala daerah memenangkan pasangan calon yang didukung," sebutnya.

Menurutnya, KPU atau Bawaslu harus merumuskan kembali regulasi Pemilu secara detail untuk mencegah terjadinya potens pelanggaran oleh kepala daerah yang mendukung salah satu calon.

"KPU harus merevisi ulang atau menambah PKPU Nomor 20 tentang kampanye terkait keterlibatan kepala daerah yang berasal dari Parpol agar mereka tidak menggunakan kewenangannya untuk memenangkan salah satu paslon," ungkapnya.

"Di sini masyarakat juga mempunyai berperan untuk memantau apakah kepala daerah tersebut menggunakan fasilitas negara atau kewenangannya untuk dalam pemenangan salah satu calon," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, sepuluh kepala daerah di Sumbar secara terang-terangan memberi dukungan kepada calon Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Pilpres 2019 mendatang.

Deklarasi dukungan dihadiri oleh Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, Bupati Pasaman Yusuf Lubis, Bupati Pesisir Selatan Hendra Joni, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Wali Kota Solok Zul Elfian dan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Sementara itu, empat  kepala daerah yang lainnya tidak bisa hadir namun tetap mendukung diantaranya Wali Kota  Bukittinggi Ramlan Nurmatias, Bupati Solok Gusmal, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dan Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet.

(dil/jon)

Berita Terkait

Baca Juga