Jalur Non Tunai Sudah Bisa Diakses Setiap SPBU yang Ada di Kota Padang

Jalur Non Tunai Sudah Bisa Diakses Setiap SPBU yang Ada di Kota Padang Ilustrasi pembayaran Jalur Non Tunai saat pengisian BBM di salah satu SPBU di Kota Padang

Covesia.com - Untuk saat ini Masyarakat Kota Padang sudah bisa melakukan pembayaran secara non tunai saat mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Padang, Sumatra Barat.

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) l bekerja sama dengan BRI Kanwil Kota Padang meluncurkan Program Jalur Non Tunai (JNT), jalur khusus yang diberikan untuk mempermudah masyarakat melakukan pembelian bahan bakar di SPBU Pertamina. 

Aribawa, Marketing Branch Manager Pertamina MOR I, saat Kick Off Program Jalur Non Tunai di SPBU 14.251.518 Pisang, Rabu (19/09/2018) mengatakan nantinya akan ada sekitar 115 SPBU Pertamina yang tersebar di berbagai kota dan kabupaten di Sumatra Barat yang akan berpartisipasi secara bertahap untuk mengikuti program ini.

"Ditargetkan pada Oktober 2018 seluruh stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Kota Padang sudah merealisasikan program JNT," ujar Ari.

Dalam menyukseskan program JNT, Pertamina MOR I bekerjasama dengan BRI akan terus melakukan sosialisasi agar program tersebut dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Sumatra Barat. 

“Sebagai BUMN kita bersinergi mendukung program pemerintah dalam 'Gerakan Nasional Non Tunai'. Kami akan sosialisasikan program ini untuk mengubah budaya masyarakat dalam bertransaksi," ujarnya.

Lebih lanjut Aribawa menjelaskan, Program JNT ini berlaku bagi semua jenis kartu debit maupun kartu kredit dari bank manapun, yang melakukan transaksi di SPBU Pertamina, termasuk kartu elektronik Brizzi dari BRI. Diharapkan melaui program ini dapat membuat transaksi di SPBU Pertamina menjadi lebih aman serta secara pencatatan transaksi akan lebih akuntabel.

Sementara itu, Kepala Kanwil BRI Padang, Joni Alwadris menyebutkan pihaknya menargetkan 50% transaksi di SPBU Pertamina akan beralih menjadi nontunai dengan menggunakan kartu perbankan.

 “Akan menjadi sarana favorit pilihan masyarakat karena akan memberikan kemudahan dan solusi praktis dalam pembelian BBM”, sebutnya.

Program ini merupakan wujud realisasi dari sinergi antara Pemprov Sumatra Barat dan Bank Indonesia (BI) untuk bersinergi dengan Pertamina melalui nota kesepahaman yang di tandatangani pada 6 Desember 2017.

"Program ini sebagai dukungan penuh pemerintah daerah serta BI dalam program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT)," pungkasnya.

(*/don)


Berita Terkait

Baca Juga