Kepala Daerah Dukung Jokowi Dua Periode, Pengamat: Tidak Pengaruhi Suara di Sumbar

Kepala Daerah Dukung Jokowi Dua Periode Pengamat Tidak Pengaruhi Suara di Sumbar Edi Indrizal (Foto: M.Fadli MZ/covesia)

Covesia.com- Kepala daerah di Sumbar ramai mendukung petahana Joko Widodo-Ma'ruf Amin untuk lanjut dua periode, deklarasi tersebut dilakukan di salah satu hotel milik BUMN di Kota Padang, Selasa, (18/9) malam.

Pengamat politik dari Universitas Andalas (Unand), Edi Endrizal megungkapkan bahwa, dukungan yang diberikan oleh sejumlah kepala daerah tersebut dinilai tidak berdanpak secara signifikan terhadap jumlah perolehan suara Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Sumbar.

"Dukungan kepala daerah tersebut tidak akan berpengaruh banyak terhadap perolehan suara Capres Jokowi," ujar Edi Endrizal kepada covesia.com

Bahkan Endrizal menyebutkan, kepala daerah di Sumbar yang ikut mendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin tidak menjamin mereka juga mendukung  saat Pilpres 2019 mendatang.

"Kepala daerah ini tentu juga akan membuat perhitungan politik sendiri, mengingat mereka akan berhadapan  dengan mayoritas dukungan masyarakat yang cenderung masih memilih presiden yang bukan didukung oleh Parpol utamanya PDIP," ujar Endrizal.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa dukungan dari kepala daerah tersebut tidak terlepas dari perhatian Presiden  Jokowi yang cukup tinggi memberi perhatian terhadap pembangunan di daerah, meskipun pada Pilpres 2014 Jokowi pada saat itu hanya mampu meraup suara sebanyak 23 persen di Sumbar.

"Faktanya meskipun kalah pada Pilpres sebelumnya perhatain Jokowi tetap tinggi untuk daerah daerah di Sumbar," ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni menyebutkan bahwa ia merasakan dampak perhatian dari Presiden Jokowi, terutaman dalam pembangunan. Tentunya, sebagai kepala daerah, ia ingin terus memajukan daerah untuk kesejahteraan masyarakat.

"Kami ingin terus melakukan perbaikan terhadap daerah, dan kami ingin lanjutkan kembali Pak Jokowi ke depan menjadi Presiden RI," ujar Ketua DPD PAN Pesisir Selatan tersebut.

(fdl)

Berita Terkait

Baca Juga