Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Pertamina Bangun Taman Bawah Laut di Perairan Padang

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pertamina Bangun Taman Bawah Laut di Perairan Padang Pemberian Bibit Terumbu karang untuk pembangunan taman bawah laut di di Pulau Pasumpahan Kota Padang, dari CSR Pertamina, Selasa (18/9/2018)

Covesia.com - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I melalui Terminal BBM Teluk Kabung, menyalurkan Program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk keanekaragaman hayati, pembuatan taman bawah laut Pertamina serta monitoring terumbu karang buatan dan hutan mangrove dengan total senilai Rp243 juta, Selasa (18/9) di Desa Sungai Pisang, Kelurahan Teluk Kabung Selatan, Kec. Bungus TKB, Padang, Sumatera Barat.

Operation Head (OH) Terminal Teluk Kabung, Anas Hasan dalam kesempatan ini mengungkapkan bahwa sebagai program CSR di Bidang Lingkungan ini adalah bertujuan untuk membentuk ekosistem bawah laut dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Penyaluran Program CSR untuk Bidang keanekaragaman hayati, pembuatan taman bawah laut Pertamina serta monitoring terumbu karang buatan dan hutan mangrove yang bertujuan untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di wilayah sekitar daerah operasi,” sebutnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, program CSR penanaman terumbu karang sebetulnya sudah berjalan sejak tiga tahun lalu. Pihaknya sengaja melanjutkan program ini untuk tahun 2018 karena melihat hasil positif yang nyata pada pelaksanaan tahun 2016 dan 2017. 

"Selain untuk mengembalikan keanekaregaman hayati di perairan sini, juga untuk menarik wisatawan. Imbasnya nanti adalah peningkatan ekonomi masyarakat, tanpa mengesampingkan kelestarian lingkungan," jelas Anas.

Sementara itu, Unit Menager Communication & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I, Rudi Ariffianto mengungkapkan Realisasi kegiatan dilaksanakan oleh seluruh unit kerja fungsi CSR Pertamina, baik di unit operasi, Pertamina mengimplementasikan program CSR untuk tujuan people, planet, and profit atau (3P).

"Komitmen Pertamina dalam melaksanakan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) diwujudkan dalam berbagai kegiatan CSR yang meliputi bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, manajemen bencana, maupun bantuan khusus" Jelas Rudi.

Rudi juga menjelaskan bahwa tujuan ini menjadi fokus Pertamina dalam menjalankan operasinya, di mana produk-produk yang dikembangkan dan jasa yang diberikan peduli terhadap kelestarian lingkungan khususnya bumi untuk kepentingan dan masa depan generasi yang akan datang.

(*/don)


Berita Terkait

Baca Juga