Rusia Bantah Siapkan Operasi 'Habis-habisan' Bersama Rezim Suriah di Idlib

Rusia Bantah Siapkan Operasi Habishabisan Bersama Rezim Suriah di Idlib Ilustrasi (mirror)

Covesia.com - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan bahwa rezim Suriah tidak mempersiapkan operasi habis-habisan di Provinsi Idlib yang dikuasai oposisi, menambahkan bahwa Moskow akan melakukan segalanya untuk melindungi warga sipil, Jumat (14/09).

Pasukan rezim yang didukung Rusia telah berkumpul di sekitar Idlib dalam beberapa pekan terakhir, yang memicu kekhawatiran akan serangan udara dan darat dalam waktu dekat untuk merebut kembali benteng pertahanan terakhir oposisi.

“Apa yang ditunjukkan saat ini sebagai awal operasi yang didukung Rusia oleh pasukan Suriah tidak sesuai dengan kenyataannya,” kata Lavrov dalam forum Jerman-Rusia di Berlin.

“Pasukan Suriah dan kami sendiri hanya bereaksi terhadap serangan yang berasal dari zona Idlib,” ujarnya.

Lavrov juga mengatakan bahwa Rusia mencemaskan keselamatan warga sipil.

“Kami akan mengurus masalah ini, kami akan membuat jalur evakuasi, mengatur zona gencatan senjata dan kami akan melakukan segalanya untuk memastikan bahwa penduduk sipil tidak akan menderita,” katanya.

Provinsi Idlib dan daerah pedesaan di dekatnya masih dikuasai pemberontak Suriah. Sekitar tiga juta orang tinggal di daerah itu sekarang, sekitar setengah dari mereka sudah mengungsi akibat perang brutal di negara tersebut, dan yang lainnya sangat tergantung pada bantuan kemanusiaan untuk bertahan hidup, menurut PBB. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga