Amerika Setujui Penjualan Pesawat dan Rudal ke Korsel

Amerika Setujui Penjualan Pesawat dan Rudal ke Korsel Ilustrasi pesawat tempur (Youtube)

Covesia.com - Amerika Serikat (AS), Kamis (13/08/2018), menyetujui penjualan senjata baru ke Korea Selatan senilai 2,6 miliar dolar Amerika (sekitar Rp38,5 triliun), dengan perundingan denuklirisasi yang tertunda antara Washington dan Korea Utara.

Enam pesawat patroli maritim Poseidon senilai 2,1 miliar dolar Amerika (sekitar Rp31,1 triliun) merupakan bagian terbesar dari penjualan itu, ujar Badan Kerja Sama Keamanan Pertahanan dalam sebuah pernyataan.

Dikutip dari Antara, Jumat (14/09/2018), kontrak kedua mencakup 64 rudal Patriot dan bantuan senilai 501 juta dolar Amerika (sekitar Rp7,40 triliun).

Kongres memiliki waktu 15 hari untuk menentang penjualan tetapi hal itu tidak mungkin mengingat dekatnya hubungan Seoul dan Washington, yang menjadi basis puluhan ribu pasukannya di Korea Selatan untuk memberikan perlindungan terhadap ancaman Korea Utara.

Poseidon P-8A buatan Boeing itu dapat digunakan untuk intelijen dan pengintaian serta perang antikapal selam dan antipermukaan.

“Usulan penjualan itu akan mendukung kebijakan asing AS dan tujuan keamanan nasional dengan meningkatkan kemampuan kapal laut Korea guna memastikan pertahanan nasional dan secara signifikan mendukung operasi koalisi,” ungkap badan tersebut.

(ant/dnq)

Berita Terkait

Baca Juga