Pemberdayaan Masyarakat dan Keanekaragaman Hayati Terima Program CSR Pertamina DPPU Minangkabau

Pemberdayaan Masyarakat dan Keanekaragaman Hayati Terima Program CSR Pertamina DPPU Minangkabau Penyerahan Simbolis batuan CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I melalui Terminal Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Minangkabau, di Kota Pariaman, Jum'at (14/9/2018)(Foto:Covesia/ Primadoni)

Covesia.com - Untuk pemberdayaan masyarakat dan Keanekaragaman hayati di Kota Pariaman dan Padang Pariaman, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I melalui Terminal Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Minangkabau, menyalurkan Program Corporate Social Responsibility (CSR) kepada enam bidang pengembangan dan kelanjutan program senilai total Rp 938 Juta, Jum'at (14/9/2018) di Konservasi Penyu Jalan Buntu, Ampalu, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman,  Sumatera Barat.

Operation Head (OH) Terminal DPPU Minangkabau, Abdul Muis, menyebutkan penyaluran program CSR ini untuk Pemberdayaan Masyarakat yang bertujuan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar operasi.

Abdul Muis melanjutkan, keenam bidang pengembangan dan kelanjutan program ini yaitu, kelanjutan transplantasi terumbu karang buatan di Kota Pariaman senilai Rp 95 Juta, pengembangan kawasan konservasi penyu dan kelanjutan tranking Mangrove senilai Rp 285 Juta.

Selanjutnya kelanjutan budidaya lebah madu hutan di Nagari Sungai Buluh senilai Rp 137 juta,  peralatan media pembelajaran di Batang Anai Padang Pariaman senilai Rp 130 juta dan Mobilisasi  Bidan Desa di Nagari Ketaping senilai Rp 151 juta.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa sebagai salah satu perusahaan BUMN terbesar di Indonesia, Pertamina memiliki dua tanggung jawab besar. 

“Pertama untuk meningkatkan profit dalam rangka meningkatkan kesejahteraan negara, sedangkan yang kedua adalah melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan", ungkap Abdul Muis

Abdul Muis juga menjelaskan bahwa tujuan strategis program CSR Pertamina adalah meningkatkan reputasi dan kredibilitas Pertamina melalui kegiatan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang terintegrasi dengan strategi bisnis. 

Sementara itu, Unit Menager Communication & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I, Rudi Ariffianto mengatakan bahwa komitmen Pertamina dalam melaksanakan TJSL diwujudkan dalam berbagai kegiatan CSR yang meliputi bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, manajemen bencana, maupun bantuan khusus. 

“Realisasi kegiatan dilaksanakan oleh seluruh unit kerja fungsi CSR Pertamina, baik di unit operasi, Pertamina mengimplementasikan program CSR untuk tujuan people, planet, and profit atau (3P)” tambah Rudi Ariffianto.

Rudi juga menjelaskan bahwa tujuan ini menjadi fokus Pertamina dalam menjalankan operasinya, di mana produk-produk yang dikembangkan dan jasa yang diberikan peduli terhadap kelestarian lingkungan khususnya bumi untuk kepentingan dan masa depan generasi yang akan datang.

(don)


Berita Terkait

Baca Juga