AS Hentikan Bantuan, PBB: Situasi di Gaza Semakin Memburuk

AS Hentikan Bantuan PBB Situasi di Gaza Semakin Memburuk Ilustrasi (mirror)

Covesia.com - PBB mengatakan bahwa situasi di Gaza adalah sebuah "bencana" setelah 11 tahun "pemblokiran ekonomi" dan memperingatkan bahwa keputusan Washington untuk menghentikan bantuan bagi para pengungsi Palestina akan menciptakan "kesengsaraan yang lebih parah," Rabu (12/09).

"Situasi di Gaza menjadi sangat kurang layak huni," kata Isabelle Durant, wakil kepala badan pembangunan PBB (UNCTAD)."

"Ini bencana besar," katanya kepada wartawan di Jenewa.

Dalam sebuah laporan baru, badan PBB tersebut mengatakan bahwa ekonomi Palestina, yang lama dibekukan oleh pendudukan Israel, sedang mendapat pukulan keras oleh penurunan tajam dalam bantuan internasional untuk Palestina, bahkan sebelum Washington secara dramatis mengurangi bantuan kemanusiaan.

Pada tahun lalu, bantuan pembangunan internasional untuk Palestina berkurang lebih dari 10 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Penurunan dramatis bantuan itu terjadi sebelum pemerintah Presiden Amerika Serikat Donald Trump memutuskan untuk menghentikan sepenuhnya pendanaan bagi badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA), yang sebelumnya telah mencapai sekitar 350 juta dolar Amerika (sekitar Rp5,18 triliun) per tahun.

Pemerintah Trump juga telah mengurangi pembayaran sekitar 200 juta dolar Amerika (sekitar Rp2,96 triliun) oleh USAID ke Palestina, dan pada akhir pekan AS mengatakan akan memangkas 25 juta dolar Amerika lagi (sekitar Rp369,5 miliar) untuk bantuan langsung ke enam rumah sakit yang melayani warga Palestina di Yerusalem. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga