Australia Kerahkan Pasukan Khusus ke Papua Nugini Amankan KTT APEC

Australia Kerahkan Pasukan Khusus ke Papua Nugini Amankan KTT APEC APEC (wikipedia)

Covesia.com - Australia dilaporkan telah mengerahkan pasukan khusus ke Papua Nugini sebagai bagian dari operasi keamanan besar untuk KTT Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (Asia-Pacific Economic Cooperation/APEC) di Port Moresby pada November ini.

Australian Broadcasting Corporation melaporkan bahwa pasukan elite Australia sudah berada di ibu kota, yang secara konsisten dinilai sebagai salah satu kota paling berbahaya di dunia.

Pasukan Australia dilaporkan membantu pasukan Papua Nugini di tengah kekhawatiran tidak memadainya perlengkapan militer di negara Pasifik itu dalam menyiapkan pertemuan besar yang dihadiri banyak pemimpin dunia.

“Kami telah mengerahkan Tentara Australia dan Pasukan Khusus Australia yang membantu PNGDF (Pasukan Pertahanan Papua Nugini), memastikan penyediaan bantuan dalam melawan teroris adalah prioritas utama,” lapor mereka, mengutip komandan pasukan khusus yang tidak disebutkan namanya.

“Kami siap membantu PNGDF dalam mengamankan pertemuan APEC dan membantu memperkenalkan Papua Nugini ke hadapan dunia.”

Lembaga penyiaran tersebut juga mengatakan bahwa kapal perang Australia akan digunakan untuk melindungi kapal pesiar yang telah disewa guna menyediakan akomodasi sementara untuk KTT yang akan digelar pada 12-19 November. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga