Bawaslu Bengkulu Temukan Puluhan Ribu Pemilih Ganda

Bawaslu Bengkulu Temukan Puluhan Ribu Pemilih Ganda Ilustrasi - Foto: Antara Foto/ Raisan Al Farisi

Covesia.com - Badan Pengawas Pemilu Provinsi Bengkulu menemukan sebanyak 20.524 data pemilih ganda dari 1.382.760 daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan umum 2019 yang tersebar di 10 kabupaten dan kota.      

"Ada temuan 20.524 data pemilih ganda yang sudah direkomendasikan untuk perbaikan," kata Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Provinsi Bengkulu, Patimah Siregar di Bengkulu, Rabu (12/9/2018).

Ia mengatakan data pemilih yang sudah dianalisis menemukan data pilih ganda di 10 wilayah kabupaten dan kota di daerah ini.      

Rincian pemilih ganda yang sudah direkomendasikan untuk perbaikan yakni Kota Bengkulu sebanyak 539 pemilih, Kabupaten Bengkulu Tengah sebanyak satu orang, Kabupaten Lebong sebanyak 1.009 pemilih.

Selanjutnya Kabupaten Rejanglebong sebanyak 349 pemilih, Kabupaten Bengkulu Selatan sebanyak 729 pemilih.

Sedangkan di Kabupaten Mukomuko 3.037 pemilih, Kabupaten Kepahiang 2.844, Kabupaten Bengkulu Utara sebanyak 7.111 pemilih, Kabupaten Seluma 3.298 pemilih dan Kabupaten Kaur sebanyak 1.607 pemilih.

Untuk menyelesaikan persoalan data pemilih ganda tersebut, Patimah mengatakan Bawaslu dan KPU akan bersinergi berjenjang mulai dari tingkat bawah.

Penyelesaian data pemilih di tingkat desa dan kecamatan dilakukan pada 12 September, dilanjutkan di tingkat kabupaten dan kota pada 13 September dan tingkat provinsi pada 14 September.

"Sejak 7 September, jajaran penyelenggara sudah bergerak untuk perbaikan data ganda ini," ucapnya.

Proses penyelesaian data ganda tersebut diawali dengan pengelompokan jenis kegandaan untuk menentukan langkah-langkah penyelesaiannya.

(ant/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga