Donald Trump Terima Surat Kim Jong Un Perihal Pertemuan Lanjutan

Donald Trump Terima Surat Kim Jong Un Perihal Pertemuan Lanjutan mirror.co.uk

Covesia.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah menerima sebuah surat yang "sangat positif" dari pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, yang ingin menggelar pertemuan lanjutan setelah mereka sebelumnya bertemu di Singapura, kata Gedung Putih pada Selasa (11/09).

"Itu adalah surat yang sangat hangat dan positif," kata juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders, sambil menambahkan bahwa surat itu menunjukkan "komitmen berkelanjutan Pyongyang untuk fokus terhadap denuklirisasi" di Semenanjung Korea.

"Tujuan utama dari surat itu adalah untuk menjadwalkan sebuah pertemuan lainnya dengan presiden, dengan kami terbuka untuk melakukannya dan sudah dalam proses koordinasi," katanya pada Senin dalam konferensi pers Gedung Putih pertama dalam hampir tiga pekan.

Sanders menambahkan bahwa surat itu adalah "bukti dari kemajuan lebih lanjut" dalam hubungan Washington dengan Pyongyang.

Trump dan Kim sebelumnya mengadakan pertemuan bersejarah di Singapura pada Juni, yang meningkatkan prospek untuk membatasi program nuklir Korea Utara.

Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, yang memediasi pertemuan Juni tersebut, berjanji untuk terus berperan sebagai mediator untuk memfasilitasi dialog antara Trump dan Kim.

"Denuklirisasi sepenuhnya Semenanjung Korea adalah masalah yang harus diselesaikan secara mendasar antara AS dan Korea Utara melalui negosiasi," kata Moon dalam pertemuan kabinet pada Selasa. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga