Tahan Sejuta Muslim Xinjiang, Kelompok HAM Serukan Sanksi terhadap China

Tahan Sejuta Muslim Xinjiang Kelompok HAM Serukan Sanksi terhadap China Foto: AFP/ Frederic J. Brown

Covesia.com - Masyarakat internasional harus memberlakukan sanksi terhadap China atas perlakuannya terhadap minoritas di wilayah ujung barat negara itu, ungkap Human Rights Watch (HRW) pada Senin (10/9/2018), tempat sebanyak satu juta orang kemungkinan terjerat dalam penahanan massal.

China telah lama memberlakukan larangan kejam terhadap kehidupan minoritas muslim di wilayah Xinjiang dengan dalih memerangi terorisme dan separatisme, dengan mengintensifkan langkah yang diambil kepolisian dalam beberapa tahun terakhir.

Lebih dari satu juta etnis Uighur dan minoritas muslim Turki mereka ditahan di pusat kontraterorisme, menurut perkiraan yang dikutip oleh panel PBB tentang diskriminasi rasial bulan lalu.

Dalam menanggapi aksi yang diambil pemerintah, masyarakat internasional harus “memberlakukan sanksi yang ditargetkan” terhadap pejabat China “terkait pelanggaran” di Xinjiang, ungkap HRW dalam sebuah laporan yang merinci tindakan represif China di wilayah itu.

Pemerintah China menghambat pelaporan di Xinjiang, melarang pihak lain untuk memeriksa situasi di sana secara jelas.

Namun, banyaknya bukti dalam bentuk dokumen pemerintah dan kesaksian para pelarian menunjukkan bahwa Beijing menahan banyak orang di kamp penahanan yang dilakukan di luar jalur hukum.

(AFP/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga