Arif Alvi Resmi Menjadi Presiden Pakistan

Arif Alvi Resmi Menjadi Presiden Pakistan Arif Alvi

Covesia.com - Presiden baru Pakistan Arif Alvi diambil sumpah dalam sebuah upacara di Islamabad pada Minggu (09/09), mengakhiri proses pengalihan kekuasaan damai negara itu ke pemerintahan barunya setelah kampanye pemilihan yang bergejolak.

Penunjukkannya Alvi semakin mengokohkan kekuatan partai berkuasa setelah pemilu kontroversial pada Juli - yang dicemari oleh klaim intervensi militer dan kecurangan dalam pemungutan suara - yang membuat mantan juara kriket Imran Khan terpilih sebagai perdana menteri.

Arif Alvi, sekutu dekat Khan dan salah satu pendiri partai Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI), menjadi presiden ke-13 Pakistan, menggantikan Mamnoon Hussain

Sebuah pemungutan suara pada pekan ini membuatnya dipilih oleh lebih dari seribu anggota parlemen dari dua majelis parlemen serta empat majelis provinsi.

Khan dan kabinetnya menghadiri upacara yang dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung Saqib Nisar, bersama dengan para kepala staf dari angkatan bersenjata dan diplomat senior yang yang berbasis di Islamabad.

Alvi berjanji untuk "setia kepada Pakistan" dan untuk melaksanakan tugasnya "demi kepentingan kedaulatan, integritas, solidaritas, kesejahteraan serta kemakmuran Pakistan."

Alvi, mantan dokter gigi, menjadi tokoh kunci bagi Imran Khan baik dalam masalah partai dan nasional.

Dia menjabat sebagai sekretaris jenderal PTI selama delapan tahun sejak 2006, dan terpilih sebagai anggota parlemen di kota Karachi pada 2013. Alvi kemudian kembali memenangkan pemilihan pada Juli. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga