Sikapi Pelemahan Rupiah, Ratusan Mahasiswa di Sumbar Unjuk Rasa

Sikapi Pelemahan Rupiah Ratusan Mahasiswa di Sumbar Unjuk Rasa Aksi BEM Se-Sumbar di depan kantor DPRD Sumatera Barat, dengan melakukan aksi bakar Dolar, Senin (10/9/2018)(Foto:Covesia/Primadoni)

Covesia.com - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa se-Sumatera Barat (BEM SM) melakukan Aksi Cinta Rupiah di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat (Sumbar), Senin (10/9/2018).

Aksi unjuk rasa yang dimulai pukul 10.00 WIB itu merupakan bentuk kepedulian mahasiswa di Sumbar dalam menyikapi anjloknya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat yang terjadi sejak beberapa waktu belakangan ini.

“Saat ini negara kita mengalami defisit dengan harga rupiah yang melemah dan dolar yang kian naik,” ungkap Presiden Mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) Tanzilal Wanda Rizki kepada covesia.com.

Tanzilal mengungkapkan, dalam aksi tersebut mahasiswa menyampaikan beberapa tuntutan kepada pemerintah. Yaitu, meminta pemerintah lebih sensitif terhadap permasalahan negara, yang paling hangat sekarang adalah melemahnya harga rupiah dan naiknya harga dolar. 

Selanjutnya, pemerintah tidak menyalahkan negara lain, namun segera menyelesaikan permasalahan ini. Dan yang terakhir, aksi ini bukan sekadar menuntut tapi juga untuk mencerdaskan masyarakat akan pentingnya kesadaran bahwa negara kita tengah menghadapi krisis. 

“Bila didiamkan saja, permasalahan ini akan berimbas bagi perekonomian Indonesia,” tutupnya.

Dari pantauan di lapangan, saat ini aksi masih berlangsung dengan menyuarakan aksinya dengan meminta kepada wakil rakyat yang ada di gedung DPRD Sumbar agar aspirasinya disuarakan ke pemerintah pusat.

(Laila/don)



Berita Terkait

Baca Juga