AS Pangkas Bantuan Sebesar Rp370,5 Miliar Untuk Rumah Sakit di Palestina

AS Pangkas Bantuan Sebesar Rp3705 Miliar Untuk Rumah Sakit di Palestina Ilustrasi (pixabay)

Covesia.com - Amerika Serikat (AS) berencana memangkas bantuan sebesar 25 juta dolar Amerika (sekitar Rp370,5 miliar) ke enam rumah sakit, terutama yang melayani warga Palestina di Yerusalem, menurut konfirmasi pejabat Kementerian Luar Negeri, Sabtu (08/09).

Pejabat itu mengatakan keputusan itu diambil setelah Presiden Donald Trump meninjau ulang bantuan ke Otoritas Palestina dan di Tepi Barat serta Gaza "guna memastikan bahwa dana ini dikirim sesuai dengan kepentingan nasional AS dan memberikan timbal balik penting bagi pembayar pajak AS."

"Sebagai hasil dari peninjauan ulang, atas perintah presiden, kami akan mengalihkan bantuan sekitar 25 juta dolar Amerika (sekitar Rp370,5 miliar) yang awalnya direncanakan untuk Jaringan Rumah Sakit Yerusalem Timur. Dana tersebut akan diprioritaskan untuk proyek di tempat lain."

Warga Palestina menanggapinya dengan kemarahan.

"Ini bukanlah solusi untuk membangun perdamaian, ini merupakan tindakan yang sangat tidak manusiawi dan tidak bermoral yang menggunakan kebijakan sayap kanan Israel untuk menargetkan dan menghukum rakyat Palestina agar mengompromikan hak mereka dalam merebut kemerdekaan," ujar Ahmad Shami, juru bicara pemimpin Palestina, Mahmoud Abbas.

"Tindakan pemerasan politik semacam itu bertentangan dengan norma kesusilaan dan moralitas manusia," tambah Hanan Ashrawi, yang merupakan anggota komite eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga