Pyongyang Rayakan 70 Tahun Korut Tanpa Pertunjukan Rudal

Pyongyang Rayakan 70 Tahun Korut Tanpa Pertunjukan Rudal Daylimail.co.uk

Covesia.com - Korea Utara, Sabtu (08/09), merayakan 70 tahun hari berdirinya negara itu dengan pertunjukan pencapaian mereka – tanpa rudal.

Republik Rakyat Demokratik Korea diproklamasikan pada 9 September, 1948, tiga tahun setelah Moskow dan Washington membagi semenanjung di antaranya pada beberapa hari terakhir Perang Dunia II.

Perayaan tersebut merupakan peristiwa besar di Korea Utara, dan ditandai dengan serangkaian acara yang diperkirakan akan mencakup parade militer dan kembalinya “Permainan Massa” – pertunjukan akrobatik unik yang dipentaskan dalam skala besar.

Perayaan itu dimulai pada Sabtu malam dengan sebuah konser di depan ribuan orang yang diundang di Pyongyang Indoor Stadium.

Menampilkan tiga enambel musik terkemuka di negara itu – paduan suara State Merited Chorus, Samjiyon Orchestra dan Mansudae Art Troupe.

Dalam beberapa tahun terakhir, Pyongyang telah mendapat banyak sanksi dari Dewan Keamanan PBB karena kerap meluncurkan rudal balistik dan uji coba nuklir di bawah kepemimpinan Kim Jong Un.

Namun, dalam peralihan cukup dramatis di semenanjung yang dipicu oleh Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan pada Februari, Korea Utara telah terlibat dalam banyak upaya diplomatik, bahkan meyakinkan Amerika Serikat bahwa mereka telah menyerah dalam upaya pengembangan senjata. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga