200 Kontestan Ramaikan Kontes Modifikasi Jogjakarta Truck Festival

200 Kontestan Ramaikan Kontes Modifikasi Jogjakarta Truck Festival Suasana dan truk-truk yang ikut kontes modifikasi Jogjakarta Truck Festival yang diselenggarakan di Jogjakarta Expo Centre, pada 7-9 September 2018. Foto: Antara/ Risbiani Fardaniah

Covesia.com - Jogjakarta Truck Festival, yang diselenggarakan pada 7-9 September 2018 menarik minat sekitar 200 peserta dari berbagai daerah di Indonesia, guna mengikuti kontes modifikasi truk tersebesar. 

Ketua Penyelenggara Jogjakarta Truck Festival (JTF) KRMT Indro Kimpling Suseno di Yogyakarta, dikutip dari Antara, Minggu (9/9/2018), mengatakan kegiatan tersebut tidak hanya diikuti peserta dari Pulau Jawa seperti Jakarta, Cirebon, Jepara Malang, Blitar, dan Kudus, tapi juga dari Sumatera Barat, Lampung, Bali, dan Kalimantan Barat.

"Kami mengundang seluruh komunitas truk di Indonesia," katanya.

Puluhan truk dari berbagai merek dan beragam modifikasi dan lukisan warna-warni tampak berjejer di ruangan yang luas itu.

Menurut Indro, tidak hanya truk yang mengikuti kontes modifikasi bertema "Pesona Indonesia" itu, tapi ada juga kendaraan niaga lainnya seperti pick-up. Selain itu juga ada kontes miniatur truk.

Dari sekitar 200 peserta, ujar dia, sebagian besar truk yang ikut dalam laga seni dan kreativitas itu merupakan truk Mitsubishi Fuso terutama jenis Colt Diesel. Hal itulah nampaknya yang menjadi alasan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor (KTB) sebagai agen pemegang merek (APM) Mitsubishi Fuso mensponsori JTF 2018.

"Kegiatan ini sangat positif dan patut diapresiasi. Kreativitas mereka, para pemilik dan pengguna truk, patut diacungi jempol," kata Direktur Pemasaran dan Penjualan KTB Duljatmono.

Peserta yang sebagian besar merupakan pemilik dan pengguna truk mendandani kendaraan niaga mereka dengan gambar atau lukisan, kata-kata yang menarik, sampai aksesoris di body dan interior, sehingga truk bukan hanya dilihat dari fungsi, tapi juga wujud seni.

Kreativitas para pemilik dan pengguna truk itu, dinilai sebagai peluang KTB untuk memperluas hubungan dengan komunitas pengguna truk dan mempertahankan loyalitas konsumen Mitsubishi Fuso, yang saat ini telah menguasai sekitar 46 persen pasar truk di Indonesia.

"Mayoritas yang datang (ikut JTF) itu Colt Diesel, karena (sebagai pemimpin pasar Mitsubishi Fuso) memang paling banyak ," ujar Duljatmono.

Oleh karena itu, selain memsponsori JTF, pihaknya juga mengadakan temu ramah dengan komunitas Canter Mania Indonesia Community (CMIC) yang diramaikan dengan penampilan musisi kondang Iwan Fals, serta penyerahan bea siswa kepada tiga anak supir truk dari hasil kampanye sosial #FusoKontribusi yang menghasilkan 4.000 tagar di media sosial.

(ant/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga