Prancis: ISIS Akan Terusir dari Suriah Sebelum Akhir Tahun 2018

Prancis ISIS Akan Terusir dari Suriah Sebelum Akhir Tahun 2018 Ilustrasi (mirror)

Covesia.com - Kelompok ISIS akan terusir dari seluruh wilayah yang pernah dikuasainya sebelum akhir tahun, kata Panglima Militer Prancis Francois Lecointre, Kamis (06/09).

Kelompok ekstremis itu, yang merebut sejumlah besar wilayah Irak dan Suriah pada 2014, telah kehilangan semua daerah kekuasaannya, kecuali daerah kantong di Provinsi Deir Ezzor di Suriah timur di antara Sungai Eufrat dan perbatasan Irak, meskipun mereka masih beroperasi di gurun Suriah.

Lecointre memprediksi “akhir dari kekhalifahan fisik Daesh (ISIS) sebelum akhir tahun ini, mungkin akhir musim gugur.”

Prancis bagian dari koalisi pimpinan Amerika Serikat yang telah memerangi ISIS sejak 2014 dan sekarang mendukung pejuang Kurdi dan Arab dari Pasukan Demokratik Suriah sementara mereka berjuang untuk mengusir para ekstremis dari benteng pertahanan terakhir mereka.

“Begitu kekhalifahan runtuh... kami akan mengajukan pertanyaan tentang cara mengonfigurasi ulang Operation Inherent Resolve,” kata Lecointre tentang koalisi tersebut.

Berbicara kepada wartawan, jenderal itu berjanji akan mengurangi jumlah kontingen tentara Prancis -- saat ini lebih dari 1.000 personel -- secepat mungkin. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga