Menlu Jerman Sebut Kamp Nazi Tempat Paling Mengerikan di Dunia

Menlu Jerman Sebut Kamp Nazi Tempat Paling Mengerikan di Dunia Ilustrasi (mirror)

Covesia.com - Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas, Senin (20/08), mengunjungi bekas kamp kematian Nazi-Jerman Auschwitz-Birkenau yang disebutnya “tempat paling mengerikan di bumi.”

Maas sering mengatakan bahwa situs yang didirikan Nazi Jerman di Polandia itu selama Perang Dunia II menginspirasinya untuk terjun ke dunia politik.

“Saya melihat ribuan sepatu anak-anak yang dilepaskan dari mereka dalam perjalanan ke kamar gas, berton-ton rambut manusia yang digunting dari orang-orang sebelum mereka dibawa ke kamar gas,” kata Maas setelah mengunjungi situs tersebut di Kota Oswiecim, Polandia selatan.

“Ini tempat paling mengerikan di bumi. Dan di sinilah Anda harus mengambil pilihan: entah Anda kehilangan kepercayaan terhadap kemanusiaan, atau Anda mendapatkan harapan dan kekuatan untuk memperjuangkan martabat manusia dan mengupayakannya,” imbuhnya.

“Ini tempat kenangan yang mengingatkan kami, terutama warga Jerman, apa yang kami lakukan terhadap jutaan orang. Kami membutuhkan tempat ini karena tanggung jawab kami tidak akan pernah berakhir.”

Auschwitz-Birkenau menjadi simbol genosida Nazi Jerman terhadap orang Yahudi Eropa, satu juta di antaranya terbunuh di kamp itu dari 1940 hingga 1945.

Lebih dari 100.000 orang lain termasuk orang Polandia dan Roma non-Yahudi, tawanan perang Soviet dan pejuang anti-Nazi juga tewas di sana. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga