Komnas PA Jadikan Joni Duta Patriotisme Anak

Komnas PA Jadikan Joni Duta Patriotisme Anak Joni menonton pembukaan Asian Games di Jakarta bersama Luhut Binsar Panjaitan, Wiranto dan Pramono Anung. (Foto: dok.Komnas PA)

Covesia.com- Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) menjadikan Johannes Adekalla (Joni) sebagai duta patriotisme anak dan penegak nilai-nilai kebangsaan.

Komnas PA pun memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi tingginya kepada Joni siswa SMP Silaean Kota Atambua NTT yang telah melakukan aksi heroiknya menyelamatkan pengibaran bendera merah putih dengan cara memanjat tiang bendera secara spontan.

Ini dilakukan Joni saat pelaksanaan pengibaran bendera  di peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 73 oleh Pemerintah Atambua di pos PLBN-RDTL,(17/8).

"Aksi yang dilakukan Djoni menunjukkan kepada dunia martabat bangsa Indonesia," kata Arist dalam keterangannya, Minggu (19/8/2018).

Menurut Arist, dihadapan negara sahabat Timor Leste dan pejabat tinggi TNI, Joni telah menjadi anak yang heroik, genius dan patut menjadi contoh bagi anak-anak Indonesia lainnya.

Selain itu, tambah Arist, Joni juga dapat menjadi simbol  partisipasi hak anak  untuk menyuarakan nilai-nilai kebangsaan, kemajemukan, solidaritas serta pluralisme sebagai pejuang anak.

Untuk itulah, kata Arist, Komnas PA akan menjadikan Joni sebagai duta patriotisme anak dan penegak nilai-nilai kebangsaan.

Arist menyatakan, bahwa penghargaan tersebut akan diberikan saat malam penganugerahan Komnas Perlindungan Anak Award Oktober tahun 2018.

"Komnas Anak sebutan lain dari Komnas Perlindungan Anak akan memberikan award kepada Joni dalam kategori patriotisme anak Indonesia, dari 10 penerima award Komnas Anak dari berbagai kategori,"jelas Arist.

(jon)

Berita Terkait

Baca Juga