Masuk Pemukiman Warga, Harimau Mangsa Sejumlah Ternak di Pauh Padang

Masuk Pemukiman Warga Harimau Mangsa Sejumlah Ternak di Pauh Padang Warga Lambung Bukit merobohkan pondok kayu, Kamis (16/8/2018), yang dibangun di bekas potongan pohon, yang dianggap sebagai "pantangan" yang "mengundang" harimau muncul di daerah itu. Covesia Foto/ Primadoni

Covesia.com - Warga Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) digegerkan kemunculan harimau yang masuk ke pemukiman dan memangsa sejumlah ternak milik mereka.

Ketua RT 04 RW 03 Lambung Bukit, Pauh, Kota Padang, Abdul Rahman (46) mengungkapkan, Harimau tersebut cukup sering muncul di pemukiman warga sekitar tiga hari lalu.

"Meski tidak menyerang warga, Harimau yang diperkirakan berjumlah dua ekor tersebut sudah memangsa tiga ekor kambing, satu ekor monyet, dan dua ekor itik," ungkap Abdul Rahman, Kamis (16/8/2018).

Ia mengatakan, kemunculan harimau membuat aktivitas warga di perkampungan tersebut menjadi terganggu dan takut keluar ruamh.

"Di sini ada sekitar 20 kepala keluarga (KK) atau lebih kurang seratus warga. Ada juga anak-anak yang ingin bersekolah mengurungkan niatnya karena takut," sebutnya.

Abdul mengaku baru kali ini mengalami kemunculan harimau di area permukiman. Sejak kecil, ia mengaku, sesepuh di kampungnya sudah mengatakan bahwa masih banyak harimau yang tinggal di kawasan hutan di Pauh. Meski begitu, harimau tak pernah turun ke permukiman warga sebelumnya. 

Masyarakat setempat berusaha untuk mengusir hewan buas tersebut. Salah satunya dengan melakukan ritual oleh pawang atau sesepuh dengan meminta limau dan tebar di lokasi tempat harimau diperkirakan muncul.

Warga juga merobohkan sebuah pondok kayu yang dibangun di atas tebangan pohon yang ada di lokasi

"Kami memiliki kepercayaan bahwa membangun pondok di atas bekas tebangan pohon adalah tindakan yang tidak diperkenankan. Kayu yang sudah ditebang kan duduk saja ndak boleh, ini dibangun pondok di atasnya. Harus dirobohkan. Ini pantangannya," jelas Abdul.

(don/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga