Tak Ingin Bebankan Pemerintah, Asman Abnur Mundur dari Menteri PAN RB

Tak Ingin Bebankan Pemerintah Asman Abnur Mundur dari Menteri PAN RB Asman Abnur (Foto: Covesia)

Covesia.com - Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, mengonfirmasi Asman Abnur telah mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. Dengan begitu, Abnur bukan lagi menteri PAN dan reformasi birokrasi karena tidak ingin membebani pemerintah atas pilihan PAN pada Pemilu 2019.

"Saya telah melakukan komunikasi dengan Asman, beliau menyatakan mohon izin untuk mengundurkan diri dari kabinet pemerintahan Jokowi. Alasannya, pertama, tidak mau membebani pemerintah ini karena secara politik PAN itu berbeda pilihan dengan koalisinya Jokowi," kata Mauladi, di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Ia mengatakan, Abnur merasa pilihan politik PAN berbeda maka lebih baik yang bersangkutan mengundurkan diri sebagai menteri di Kabinet Kerja.

Kedua, menurut dia, ini juga menjadi sebuah pelajaran politik dalam rangka untuk mempertahankan fatsun dan menjaga kesantunan serta etika politik.

"Kalau ini jadi bagian pembelajaran dalam berdemokrasi dan Asman menyatakan untuk mengundurkan diri sebagai menteri di kabinet pemerintahan Jokowi," ujar Mauladi.

Ia mengatakan, secara teknis Abnur yang menjelaskan secara perinci.

Selasa ini, Abnur juga sudah bertemu dengan Menteri Sekretariat Negara, M Pratikno, dan telah menyatakan hal itu.

Mauladi yakin Jokowi tidak akan keberatan karena ini dalam rangka menjaga fatsun politik dan menjaga keadaban dalam politik.

"Kalau kemudian dari parpol berbeda pilihan politik, semuanya harus saling menghormati dan harus menjaga dalam keadaban dalam menyatakan pikirin di media," katanya.

Menurut dia, tidak ada yang dirugikan apabila Abnur mundur dari jabatan menteri karena ini adalah merupakan pilihan politik untuk tidak menjadi beban di pemerintah dan menjaga etika berpolitik.

(ant/utr)

Berita Terkait

Baca Juga