NASA Kembali Akan Luncurkan Satelit Matahari

NASA Kembali Akan Luncurkan Satelit Matahari NASA (pixabay)

Covesia.com - Setelah masalah teknis di saat-saat terakhir membuat NASA terpaksa menunda peluncuran selama 24 jam untuk misi pertamanya menjelajah Matahari, badan antariksa itu berencana mencoba kembali pada Minggu (12/08).

Jendela peluncuran baru selama 60 menit itu akan dibuka pada pukul 03.31 (0731 GMT) untuk Parker Solar Probe, sebuah pesawat tanpa awak senilai 1,5 miliar dolar AS (sekitar Rp21,7 triliun) yang ditujukan guna mendekati pusat tata surya kita dengan benda buatan manusia dalam jarak terpendek dalam sejarah.

Satelit itu didesain untuk masuk ke atmosfer Matahari, dikenal dengan nama corona, mendekat dalam jarak 6,16 juta kilometer dari permukaannya untuk misi tujuh tahun tersebut.

Satelitnya dilindungi oleh tameng panas super kuat yang bisa menahan level panas yang tidak pernah ada sebelumnya, dan radiasi 500 kali lipat dari yang dialami Bumi.

Berukuran sebesar mobil, satelit tersebut didesain untuk memberikan pemahaman lebih baik kepada ilmuwan mengenai angin matahari dan badai geomagnetik yang mengancam menimbulkan kekacauan di Bumi dengan memutus jaringan listrik. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga