Turki Sebut Tarif Trump Dapat Rusak Hubungan Kedua Negara

Turki Sebut Tarif Trump Dapat Rusak Hubungan Kedua Negara Donald Trump bergaya di sesi foto saat berpidato di gelaran Face-to-Face With Our Future di Gedung Putih di Washington, DC, 27 Juni 2018. Nicholas Kamm/ AFP

Covesia.com - Turki memperingatkan sebuah langkah yang diumumkan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk menggandakan tarif baja dan aluminium di negara itu, menyebutnya dapat merusak hubungan kedua negara, Jumat (10/8/2018).

Turki juga berjanji akan membalas tindakan AS tersebut yang disebutnya menentang aturan WTO (Organisasi Perdagangan Dunia).

"Amerika Serikat harus tahu bahwa satu-satunya hasil dari sanksi dan tekanan itu adalah rusaknya hubungan kita sebagai sekutu," kata Kementerian Luar Negeri dalam sebuah pernyataan.

"Seperti seluruh tindakan yang diterapkan terhadap Turki, respons yang diperlukan akan diterapkan," katanya, menambahkan langkah AS itu "mengabaikan" aturan WTO.

Pengumuman Trump sebelumnya telah menjatuhkan nilai mata uang lira Turki ke posisi terendah baru dalam sejarah terhadap dolar Amerika.

(AFP/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga