DK PBB Serukan Penyelidikan Kredibel Terkait Serangan Bus Yaman

DK PBB Serukan Penyelidikan Kredibel Terkait Serangan Bus Yaman Warga Yaman berkumpul di dekat bus yang hancur terkena serangan udara koalisi yang dipimpin Saudi ke pasar Dahyan yang disinyalir menjadi markas pemberontak Huthi di Saada pada 10 Agustus 2018. (AFP Photo/ Stringer

Covesia.com - Dewan Keamanan (DK) PBB pada Jumat (10/8/2018), menyerukan sebuah penyelidikan yang kredibel dan transparan setelah sedikitnya 29 anak tewas dalam serangan koalisi Arab Saudi terhadap sebuah bus di Yaman.

Duta Besar Inggris Karen Pierce, yang memegang kursi kepresidenan dewan, mengatakan kepada wartawan setelah pertemuan tertutup di Yaman bahwa "bila penyelidikan yang diadakan tidak kredibel, jelas dewan keamanan ingin meninjau itu."

Pertemuan itu diminta oleh Bolivia, Belanda, Peru, Polandia, dan Swedia, yang semuanya adalah anggota dewan non-permanen.

Koalisi Arab Saudi sebelumnya mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan penyelidikan terhadap serangan udara pada Kamis tersebut, yang menewaskan sedikitnya 29 anak-anak di dalam bus di Yaman.

Amerika Serikat, Prancis, dan Inggris - tiga dari lima anggota dewan permanen - mendukung koalisi Arab Saudi dalam kampanye militernya, tetapi menyatakan keprihatinan terkait korban besar dari warga sipil.

(AFP/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga