Korut Tegaskan Tetap Pertahankan Pengetahuan Nuklirnya

Korut Tegaskan Tetap Pertahankan Pengetahuan Nuklirnya Pemimpin Korut Kim Jong-Un (mirror)

Covesia.com - Korea Utara akan mempertahankan pengetahuan nuklirnya meskipun sudah berjanji kepada Amerika Serikat akan melakukan denuklirisasi, kata Menteri Luar Negeri Ri Yong Ho dalam kunjungan ke Teheran, menurut laporan media Iran, Kamis (09/08).

Terlepas dari perjanjian untuk denuklirisasi semenanjung Korea yang dicapai dalam konferensi tingkat tinggi bersejarah antara pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un dan Presiden AS Donald Trump, “Kami akan mempertahankan ilmu nuklir kami karena kami tahu Amerika tidak akan melupakan permusuhan mereka terhadap kami,” kata Ri, menurut lansiran kantor berita konservatif Mehr.

“Berurusan dengan Amerika sulit, dan karena tujuan utama kami perlucutan senjata total di seluruh Semenanjung Korea, penting bahwa Amerika juga mematuhi komitmen mereka, tetapi mereka menolak melakukannya.”

Di KTT pada Juni dengan Trump, Kim menyampaikan komitmen samar-samar untuk denuklirisasi -- sangat berbeda dari permintaan lama AS yang menginginkan perlucutan senjata nuklir Pyongyang sepenuhnya, dapat diverifikasi dan permanen.

Ri bertemu dengan ketua parlemen berpengaruh Iran, Ali Larijani, pada hari ketiga lawatan kenegaraannya.

“Amerika bermulut manis saat bernegosiasi dan menjanjikan masa depan yang sangat cerah, tetapi mereka tidak memenuhi komitmen mereka dalam hal tindakan,” ucap Larijani. (ant/adi)

Berita Terkait

Baca Juga