Soal Incumbent Dicoret, PPP Nilai Kesalahan dari KPU

Soal Incumbent Dicoret PPP Nilai Kesalahan dari KPU Ilustrasi

Covesia.com - Ketua DPC Partai PPP Kabupaten Limapuluh Kota, Harmen menilai keputusan KPU Kabupaten Limapuluh Kota untuk mencoret tiga nama bacaleg PPP (Salah Satunya Incumbent-red), dinilai kesalahan KPU sendiri. 

Pasalnya, sebelum kelengkapan berkas diserahkan kepada KPU untuk verifikasi tahap II tanggal 31 Juli 2018 silam, partai sudah memverifikasi sebelumnya ditingkat internal. Dipastikan tidak ada kekurangan berkas sedikitpun dari seluruh bacaleg PPP, terutama yang incumbent.

"Sebelum kami mengantarkan berkas bacaleg, sudah kami kroscek ulang sedetail mungkin dan dinyatakan lengkap. Jadi tidak mungkin ada yang kurang. Ini kesalahan mungkin ada di KPU saat melakukan verifikasi," kata Harmen saat dikonfirmasi Covesia.com, Jumat (10/08/2018) malam.

Harmen mengaku dirinya sudah mendatangi KPU Kabupaten Limapuluh Kota untuk klarifikasi hasil verifikasi sebelum diberikan ke Partai.

"Hari ini ada undangan dari KPU untuk klarifikasi dan saya langsung yang hadir. Tadi kami mengecek hasil verifikasi sebelum Daftar Calon Sementara diserahkan ke partai besok, Sabtu (11/08/2018)," lanjutnya.

Selama klarifikasi ini, PPP sudah mengajukan komplain terhadap hasil dan memberikan data perbandingan verifikasi Partai dengan KPU.

"Jelas kami komplain dan sudah memberikan data perbandingan ke KPU. Tapi hasilnya tetap kami serahkan ke KPU," tambah Harmen.

Sebelumnya, dalam rapat pleno KPU Kabupaten Limapuluh Kota soal hasil verifikasi berkas bacaleg tahap II, ada 29 bacaleg yang dinyatakan gugur. Terbanyak dari PSI sebanyak 18 orang. Kemudian dari Partai Garuda sebanyak 3 orang, Partai Berkarya sebanyak 3 orang, Partai Perindo sebanyak 2 orang dari Perindo dan PPP sebanyak 3 orang. 

Untuk PPP, salah satunya adalah incumbent yang saat ini duduk menjadi anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota dan seorang bacaleg perempuan dari dapil 2.

Kontributor Limapuluh Kota : Hajrafiv Satya Nugraha 

Berita Terkait

Baca Juga