Korut-Korsel Gelar Pembicaraan Tingkat Tinggi Pekan Depan

KorutKorsel Gelar Pembicaraan Tingkat Tinggi Pekan Depan Ilustrasi

Covsia.com - Dua negara Korea akan mengadakan pembicaraan tingkat tinggi pada pekan depan untuk mempersiapkan KTT ketiga antara Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, ungkap Seoul pada Kamis (09/08) saat upaya pendekatan hubungan diplomatik sedang berlangsung.

Meski Kementerian Unifikasi Korea Selatan tidak menjelaskan lokasi KTT tersebut akan digelar, Moon sebelumnya setuju untuk mengunjungi Kim di Pyongyang saat musim gugur setelah kedua pemimpin itu mengadakan pertemuan bersejarah pada April.

Dalam sebuah pernyataan, kementerian itu mengatakan bahwa kedua pihak akan mengadakan pembicaraan tingkat tinggi pada Senin di sisi utara desa zona netral Panmunjom untuk "membahas hal-hal persiapan mengenai KTT Korea Selatan-Utara."

Tawaran pertemuan tersebut datang dari Pyongyang, kata kementerian itu, yang menyatakan pada Kamis bahwa kedua pihak mengadakan pembicaraan untuk "meninjau kemajuan" sejak KTT pada April yang membuka jalan bagi pertemuan penting antara Kim dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Singapura pada Juni.

Pertemuan lintas perbatasan antara dua Korea telah meningkat secara signifikan sejak saat itu, dengan keduanya berencana untuk melanjutkan langkah untuk mempertemukan keluarga yang terpisah karena perang.

Langkah tersebut akan dilakukan pada akhir bulan ini di resort Gunung Kumgang, Korea Utara untuk pertama kali dalam tiga tahun terakhir.

Delegasi Korea Selatan dalam pertemuan pada Senin itu akan dipimpin oleh Menteri Unifikasi Cho Myoung-gyon, yang mengunjungi Pyongyang pada bulan lalu untuk menghadiri pertandingan basket persahabatan antara dua negara Korea itu, kata Kementerian Unifikasi.

"Kami akan mengadakan diskusi mendalam dengan Korea Utara untuk mencapai KTT Korea Selatan-Utara," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

(ant/lif)

Berita Terkait

Baca Juga